ADAKITANEWS, Kota Kediri – Imlek merupakan perayaan tahun baru bagi mereka yang beragama Khonghucu. Namun kemeriahannya, ternyata juga dinikmati masyarakat beragama lain. Seperti perayaan Imlek Tahun 2568 di klenteng Tjoe Hwie Kiong Kota Kediri. Banyak masyarakat yang beragama lain turut hadir dalam kemeriahan perayaan Imlek tersebut.

=========

Dari pantauan Tim Adakitanews.com di klenteng yang berada di kawasan Kelurahan Pakelan Kecamatan Kota Kediri, banyak masyarakat sengaja hadir untuk sekadar menikmati suasana perayaan Imlek. Salah satunya yakni untuk melihat atraksi Barongsai yang merupakan pertunjukan wajib saat perayaan.

Rizki, salah satu warga mengatakan, ia sengaja datang ke klenteng Tjoe Hwie Kiong untuk meramaikan suasana perayaan Hari Raya Imlek. “Pengunjung tahun ini lebih banyak daripada tahun lalu. Soalnya dulu hujan lebat dan jumlah pengunjungnya berkurang,” ujarnya, Jumat (27/01).

Tak hanya masyarakat biasa. Ahmad Royan Wisnu, mahasiswa jurusan perbandingan agama STAIN Kota Kediri mengatakan, tujuannya datang dalam acara Imlek tersebut adalah untuk menerapkan teori di bangku perkuliahan dan untuk melihat langsung pertunjukan Barongsai yang ditampilkan di klenteng tersebut.

“Sebagai umat muslim sendiri kita memiliki sikap ekslusif. Yaitu menempatkan diri pada tataran bahwa agamanya itu paling benar. Saat dia (umat muslim,red) ibadah, itu untuk dirinya sendiri dan kumunitasnya. Kemudian, ketika kita bersosialisasi dengan agama lain, kita harus saling menghargai,” ujarnya.

Di klenteng tersebut, masyarakat terlihat menikmati suasana dan keramaian perayaan Imlek. Beberapa diantaranya duduk santai menunggu dimulainya pertunjukan Barongsai. Sebagian, menyempatkan diri berfoto dengan latar belakang suasana klenteng.

Terpisah, Ketua Umum Yayasan Tri Dharma Tjoe Hwie Kiong, Kota Kediri, Prajitno Sutikno mengatakan, acara Imlek memang sengaja dibuka untuk umum dan semua umat bisa ikut merayakan walaupun berbeda agama. “Untuk Imlek di Kota Kediri tidak ada masalah. Banyak dari warga yang beragama lain juga ikut merayakan bersama-sama untuk berkumpul dan melihat atraksi Barongsai,’’ ujarnya.(kdr6).

Keterangan gambar: Banyak para pengunjung yang hadir di acara hari raya imlek di klenteng Tjoe Hwie Kiong, Kota Kediri.(foto: niam)