ADAKITANEWS, Kota Kediri – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kelurahan Dandangan Kecamatan Kota Kediri kembali dilaksanakan dengan agenda membahas tentang kegiatan fisik dan non fisik di wilayah setempat. Kegiatan kali ini dihadiri oleh seluruh Ketua RT, Ketua RW, anggota pengurus LPMK (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan), beserta perangkat Kelurahan Dandangan.

Kepala Kelurahan Dandangan, Suparno menjelaskan bahwa kegiatan Musrenbang ini sebelumnya sudah dilakukan di tingkat RT yaitu “Rembuk Warga”. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaring aspirasi warga di tingkat RT sekaligus mencari penyelesaian permasalahan di lingkungan setempat. “Salah satu kegiatan Rembuk Warga RT diadakan di rumah Ketua RT 4/RW 9, Kirman. Dasarnya adalah rasa memiliki dari setiap warga, atau handarbeni,” jelasnya pada Tim Adakitanews.com di sela kegiatan Musrenbang, Jumat (10/02).

Sementara itu kegiatan Rembuk Warga di tingkat RW yang dilaksanakan di rumah Ketua RW 9, Haryono, yang dihadiri oleh perwakilan masing masing pengurus RT. Tujuannya adalah untuk mensinergikan kebutuhan-kebutuhan di tingkat RT. “Artinya bahwa permasalahan lintas RT maupun permasalahan yang dikategorikan permasalahan bersama RT, bisa teratasi bersama di acara Rembuk RW,” jelas Haryono, Ketua RW 9 Kelurahan Dandangan Kecamatan Kota Kediri.

Rembuk Warga di tingkat RT dan RW diketahui bertujuan untuk merencanakan Program Pemberdayaan Masyarakat (Prodamas) tahun 2018 mendatang. Di samping itu untuk menyambung rasa dan memprioritaskan hubungan sesama pengurus RT dan RW di lingkungan Kelurahan Dandangan, sekaligus mengangkat masalah sosial, ekonomi, agama, pendidikan, dan kesehatan.

Dalam pembahasan masalah sosial, ekonomi, agama, pendidikan, kesehatan, dan kesenian yang dilaksanakan di Musrenbang, dihadiri tidak kurang dari 60 orang yang merupakan perwakilan dari beberapa lembaga di Kelurahan Dandangan. Yakni untuk menjaring aspirasi dari lembaga dan juga untuk mengidentifikasi permasalan yang dihadapi oleh lembaga di tingkat RT maupun RW di Kelurahan Dandangan.

“Mudah-mudahan hasil rembuk warga kali ini bisa menjadikan lebih baik lagi, dan kemudian hari tidak menimbulkan masalah bersama baik RT, RW juga perangkat Kelurahan Dandangan,” pungkas Lurah Dandangan, Suparno di akhir wawancara.(ark)

Keterangan gambar: Acara rembuk warga dan Musrenbang Kelurahan Dandangan Kecamatan Kota Kediri. (bawah) Lurah Dandangan, Suparno.