ADAKITANEWS, Kota Kediri – Masjid baru di SMPN 8 Kota Kediri diresmikan, Jumat (10/02). Peresmian masjid yang dibangun dengan menelan dana sekitar Rp 600 juta tersebut dihadiri langsung oleh Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar.

Dalam sambutannya, Walikota Kediri atau yang akrab disapa Mas Abu itu mengatakan, semoga dengan adanya masjid baru tersebut, kedepannya bisa bermanfaat untuk anak-anak di SMPN 8 Kota Kediri.

Terpisah, Drs Yusuf Budi Santoso, Kepala SMPN 8 Kota Kediri membeberkan, tujuan sekolah membangun masjid itu adalah untuk memberikan kenyamanan kepada anak-anak saat melakukan salat. Selain itu, serambi masjid nantinya juga bisa digunakan oleh para siswa untuk mengerjakan tugas dan kelompok. “Apalagi saat datangnya Bulan Suci Ramadhan, kita sudah siap menggelar acara Pondok Ramadhan,” kata Yusuf, ketika diwawancarai Tim Adakitanews.com disela acara peresmian Masjid Al Hidayah, Jumat (10/02).

Tidak hanya itu, tujuan dibangunnya masjid tersebut juga untuk mendukung pembentukan karakter anak dan memperkokoh ahklaq. “Masjid ini semoga bisa ikut membentuk karakter anak, sehingga nantinya bisa menjadi seorang pemimpin, mencintai tanah air, serta juga bisa mencintai masyarakat dan mempunyai ahklaq yang mulia,” jelentrehnya.

Dijelaskan, proses pembangunan masjid yang menelan anggaran sekitar Rp 600 juta itu bersumber dari bantuan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota kediri, infak walimurid, donatur guru SMPN 8 Kota Kediri, serta individu. Dana tersebut, mengalir dengan sendirinya dalam bentuk uang atau berupa material.

Pembangunan Masjid Al Hidayah juga sesuai dengan visi misi SMPN 8 Kota Kediri yakni bisa unggul dalam prestasi dengan dijiwai iman dan ahklaq yang kokoh. “Sebelum proses belajar mengajar, ada waktu 15 menit. Untuk murid yang beragama Islam membaca surat-surat pendek. Sedangkan yang beragama Kristen atau Katolik, kegiatannya doa bersama di tempat terpisah,” imbuhnya.

Di akhir wawancara, Yusuf kembali menegaskan terkait harapan atas dibangunnya masjid tersebut. Yakni agar kedepannya Masjid Al Hidayah bisa difungsikan untuk salat duha dan salat zuhur berjamaah.(kdr6)

Keterangan gambar: (dua dari kiri) Kepala SMPN 8 Kota Kediri, Yusuf Budi Santoso, Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar, saat acara peresmian Masjid Al Hidayah.(foto:niam)