logo.png

Taman Kota: Penjagaan 24 Jam DLHKP Antisipasi Asusila


 

 

 

KEDIRI KOTA - Meski sudah difungsikan dan dibuka untuk umum, taman Memorial Park masih terus dalam proses perbaikan. Salah satunya, penambahan lampu dan petugas satpam. Ini mengantisipasi perbuatan asusila atau mesum.

Kabid Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri Endang Kartika menjelaskan, dalam waktu dekat rencananya akan menambah jumlah lampu penerangan. Tepatnya di lorong-lorong taman yang masih gelap.

“Seperti di lorong sekitar kamar mandi dan ruang diorama,” terangnya kepada Jawa Pos Radar Kediri.

Menurut dia, sebenarnya sistem penerangan di Memorial Park sudah memadai. Apalagi lampu 3 watt yang sebelumnya digunakan, sekarang sudah diganti 7 watt. Hanya saja, ada sedikit penambahan di sisi yang masih gelap.

“Tidak banyak. Nanti nunggu pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selesai,” tambah perempuan berkerudung tersebut.

Tidak hanya itu, DLHKP juga akan menempatkan petugas jaga di taman-taman yang baru dibangun. Penjagaan dilakukan selama 24 jam. Ini demi meminimalisasi berbagai tindak penyalahgunaan taman. Terutama untuk berbuat asusila.

Sebenarnya Endang tidak melarang pasangan muda-mudi memanfaatkan untuk bercengkerama. Namun harus diatur batas-batas kesopanannya. Jangan sampai terlalu mojok dan melakukan kegiatan yang tidak pantas di taman.

“Rencananya akan kita tempatkan satpam di Taman Sekartaji dan Memorial Park,” ujarnya

Sistem penjagaan dilakukan per sif. Yakni pukul 07.00-19.00 WIB taman di bawah pengawasan petugas kebersihan. Sedangkan pukul 19.00-07.00 WIB dijaga petugas keamanan. “Petugas kebersihan dan keamanan masing-masing terdiri dari dua sif,” tambahnya.

Sedangkan di Taman Sekartaji, ke depan akan ditambah pembangunan plengsengan baru di sungai. Tepatnya di sisi barat dan utara taman. Dengan plengsengan baru itu  diharapkan tampilan taman semakin sempurna. “Sejauh ini masih itu rencana-rencana pengembangan taman baru kota,” tandas Endang.

Untuk diketahui, para pengunjung Memorial Park sudah bisa memanfaatkan taman untuk browsing internet gratis. Pasalnya, wifi sudah dipasang di taman, Jl PK Bangsa, Kota Kediri tersebut. Sedangkan di Taman Sekartaji, Mojoroto, masih dalam proses pemasangan. “Tanpa passwordfree untuk seluruh pengunjung,” pungkasnya. 


Sumber : radarkediri.jawapos.com