logo.png

Pemkot Kediri Mulai Distribusikan Rastra Program Kemensos


 

 

Realita)- Program dari Kementrian sosial berupa bantuan non tunai  Beras Sejahtera (Rastra) dan gula mulai didistribusikan oleh Bulog Sub Divre V Kediri. Sebanyak 1176 warga kurang mampu yang tercover dalam Program Keluarga Harapan di Kota Kediri  mulai mengambil jatahnya di masing-masing Kecamatan.

Pendistribusian ini bertepatan launching program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)  yang terpusat di Cibubur Jawa Barat. Diungkapkan Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Triyono Kutut, pendistribusian yang dilakukan hari ini hanya bagi keluarga penerima manfaat yang terdaftar dalam PKH. Karena mereka sudah memiliki kartu penerima manfaat

“Karena ini hanya launching, hari ini kita hanya mendistribusikan sebanyak 1175 penerima, ini pendistribusian Rastra pada bulan Januari dan Februari, untuk yang lain bisa bisa diambil ke eWarung atau agen yang disediakan BNI dan  Kementrian Sosial RI,“ kata Kutut di sela-sela pendistribusian Rastra di Kantor Kecamatan Mojoroto, Kamis (23/2).
Kutut mengungkapkan, penerima Rastra dari pemerintah pusat  di Kota Kediri ini sebanyak 12 863  keluarga, sedangkan untuk penerima Rastra Daerah sebanyak 2326 keluarga, sehingga penerima rastra di Kota Kediri ini sebanyak 15 189 keluarga. “Bagi yang tidak tercover di rastra nasional, pemerintah harus menyediakan, dan jika tidak ada halangan pendistribusian rastra untuk bulan Maret, April dan seterusnya akan dilakukan setiap bulan rutin,” terangnya.
Terpisah Kepala Sub Bulog Divre V Kediri Rahmad Syahjoni mengatakan, pendistribusian Rastra di Kota kediri ini uintuk bulan Januari februari sebanya 23 320 kilogram atau setara 23 ton beras, sedangkan untuk gula sebanyak 4664 kilogram atau setara 4,6 ton. Lebih lanjut dia mengatakan, jika untuk pendistribusian Rastra di Kabupaten Kediri dan Kabupaten Nganjuk masih menunggu surat permintaan alokasi Rastra dari dua kabupaten ini. Selain itu penerima manfaat selain PKH hingga saat ini belum didistribusikan, karena belum memiliki kartu pengambilan. ”Dari Bank BNI belum dicetak," tandasnya.


Sumber : realita.co