logo.png

Dukung 5.000 Pasar Lima Tahun Pasar Campurejo Direnovasi


Dukung 5.000 Pasar Lima Tahun, Pasar Campurejo Direnovasi

Kondisi Pasar Tempurejo yang sebagian lapaknya rusak segera dilakukan renovasi.

Kediri(BM)- Pemerintah Kota Kediri melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat akan merevitalisasi pasar di Kelurahan Tempurejo Kecamatan Pesantren tahun ini. Selama ini, kondisi pasar sepi dan sebagian lapak mengalami kerusakan. Rencananya renovasi dilakukan sebagian sehingga tidak memerlukan relokasi.
 
Revitalisasi pasar Tempurejo di Kecamatan Pesantren ini sudah disosialisasikan ke pedagang. Beberapa tim dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian sudah mengecek lokasi dan melakukan survei. Rencana pembangunan dilakukan beberapa bulan lagi dengan menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat. Hal ini sesuai dengan program presiden Jokowi terkait pengadaan lima ribu pasar dalam lima tahun. Meski demikian, bentuk revitalisasi ini dilakukan hanya sebagian saja sehingga para pedagang tidak memerlukan tempat relokasi.
 
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri Yetty Sisworini mengatakan, pihaknya mempunyai tugas dan fungsi untuk pembinaan pedagang. Sebelumnya dirinya sudah mengusulkan anggaran sesuai program presiden jokowi untuk merevitalisasi dan mulai tahun anggaran 2015 pihaknya sudah melakukan renovasi pasar.
 
“Pada tahun 2017 ini kami akan merevitalisasi satu pasar dan ada  dari anggaran sisa lebih penggunaan anggaran, kemungkinan untuk satu pasar lagi,”ungkapnya. Sementara itu menurut  menurut Patokah salah satu pedagang sayur di pasar Tempurejo membenarkan rencana renovasi dalam waktu dekat. 
 
Menurutnya, dirinya tidak perlu pindah ke lokasi lain, karena yang direnovasi hanya sebagian lapak yang rusak. Sejumlah pasar kecil menjadi kewenangan kelurahan setempat dan fungsi dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian hanya pembinaan saja. (

Sumber : beritametro.co.id