logo.png

Wali Kota Kediri Imbau Penerima BPNT Berhemat


Harian Bhirawa Online

 

Kota Kediri,  Bhirawa
Kesekian kalinya bantuan pangan  non tunai (BPNT) disalurkan, lagi lagi Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar meminta  agar keluarga penerima manfaat bisa menghemat penggunaan bantuan tersebut,  sebab saat ini penerima manfaat bisa mengambil bantuannya dengan menggunakan cukup menggunakan kartu.
Walikota Kediri saat meninjau langsung penyaluran BPNT di Kelurahan Pakunden dan Burengan,  Kecamatan Pesantren mengatakan secara langsung kepada warga penerima bantuan agar membelanjakan dana bantuan untuk kebutuhan sehari-hari.
“ Kalau bisa tabungannya jangan langsung dihabiskan, jangan diambil semua, gunakan sedikit demi sedikit sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Dan yang terpenting kartunya jangan sampai hilang” pesan Walikota.
Lebih lamjut,  Walikota mengatakan jika sebelumnya bantuan diserahkan langsung ke seluruh warga miskin, kini warga miskin tersebut sudah masuk data ke dalam Program Keluarga Harapan (PKH). Cukup dengan menggunakan Kartu e-Warong atau biasa disebut “ Kombo”  inilah yang digunakan penerima manfaat bantuan sosial setiap kali membeli kebutuhan pokok.
” Dengan menggunakan saldo di dalam kartu di e-Warong KUBE PKH miliknya dan penerima tidak perlu lagi datang ke bank untuk mengambil bantuan sosialnya.”
Dalam penyaluran BPNT ini, Walikota juga turut langsung menyerahkan bantuan pada keluarga penerima manfaat,  bantuan pangan non tunai (BPNT) berupa 10 kg beras dan 2 kg gula pasir di tiga kecamatan Kota Kediri.
Dari data Dinas Sosial Kota Kediri, jumlah penerima Rastra dari Pemerintah Pusat , di Kota Kediri ini sebanyak 12 863  keluarga, sedangkan untuk penerima Rastra Daerah sebanyak 2326 keluarga, sehingga penerima rastra di Kota Kediri ini sebanyak 15 189 keluarga.
Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Triyono Kutut  mengatakan,  jika selain BPNT dari pusat,  Pemerintah Kota Kediri juga sudah mengalokasikan anggaran bantuan bagi keluarga yang tidak terkaver bantuan dari APBN“Bagi yang tidak terkaver di rastra nasional , pemerintah harus menyediakan, dan jika tidak ada halangan pendistribusian rastra untuk bulan maret, april dan seterusnya akan dilakukan setiap bulan rutin” ungkapnya.
Ket Foto : Wali Kota Kediri Abdullah Abubakar saat menyerahkan BPNT pada keluarga penerima manfaat.


Sumber : harianbhirawa.co.id