logo.png

Kediri Berkomitmen Lindungi Perkembangan Anak dengan Kampung Pendidikan


  • Kediri Berkomitmen Lindungi Perkembangan Anak dengan Kampung Pendidikan
 

KBRN, Kediri: Pemerintah Kota Kediri berkomitmen memberikan perlindungan menyeluruh bagi perkembangan anak-anak di Kota Tahu, salah satunya dengan mendirikan Kampung Pendidikan di area kerja pada tahun ini.

"Jangan biarkan anak-anak kita hanya menjadi follower," kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, saat menghadiri Workshop Peran Keluarga Dalam Pendidikan dan Perlindungan anak, di Kota Kediri (9/3/2017).

Pada hari kedua pelaksanaan workshop ini, Abdullah memaparkan mengenai Kampung Pendidikan di Kota Kediri kepada peserta yang hadir. Mereka terdiri dari Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dan Warga Peduli AIDS (WPA) di tiap kelurahan.

"Ada sejumlah faktor yang mendasari pengembangan Kampung Pendidikan ini, antara lain maraknya kasus kekerasan seksual pada anak, kurang pedulinya lingkungan pada anak-anak dan ketergantungan anak pada gadget," tegasnya.

Oleh sebab itu, saran dia, agar para orang tua tidak memberikan hadiah berupa smartphone kepada anak-anak karena dengan smartphone anak-anak menjadi lupa waktu saat belajar.

"Padahal kewajiban dari seorang anak adalah belajar," katanya.

Sementara, tambah dia, penerapan Kampung Pendidikan sendiri dilakukan dengan memberlakukan jam wajib belajar bagi anak-anak. Tepatnya pada pukul 18.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

"Selain itu warga juga harus mematikan TV atau media elektonik pada jam tersebut. Orang tua juga wajib meletakkan telepon pintarnya agar fokus saat mendampingi anak belajar," katanya.

Untuk itu, lanjut dia, para orang tua juga wajib menyediakan waktu untuk berkomunikasi dengan anak mereka. Pihaknya menginginkan agar anak-anak di Kota Kediri mendapatkan pendidikan dan perlindungan dari keluarga serta lingkungan.

"Mari persiapkan anak-anak kita untuk dapat bersaing dengan negara lain. Kami yakin, melalui Kampung Pendidikan ini semoga impian masyarakat bisa terwujud," katanya.

Sumber : rri.co.id