logo.png

Jaranan Kota Kediri Tampil di TMII


Bangsa Online - Portal Berita Jawa TImur

Jaranan Kota Kediri Tampil di TMII
Rombongan anggota jaranan dan seni tari saat akan berangkat ke Jakarta dari kantor Disbudparpora Kota Kediri. foto: ARIF K/ BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Kediri menampilkan kesenian unggulannya di acara kesenian daerah yang digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Kesenian Jaranan, Reog dan Tari serta Lawak akan ditampilkan di acara yang bakal dimulai selama dua hari pada 11 - 12 Maret mendatang.

Drama tari teatrikal berjudul Songgolangit menjadi unggulan Kota Kediri di acara tersebut. Sebanyak 100 peserta diberangkatkan dengan menggunakan dua bus oleh Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, Jumat (10/3) di Kantor Disbudparpora, Kota Kediri.

"Kami harap dengan penampilan kesenian asli Kediri ini dapat menghibur para penonton di acara tersebut," ujar Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar.

Menurut Wali Kota Kediri, adanya pergelaran itu juga merupakan bagian dari promosi potensi wisata di Kota Kediri. Kesenian yang ditampilkan ini diharapkan dapat menjadi pusat perhatian dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi para tamu dan undangan serta pengunjung di tingkat nasional maupun internasional. "Adanya pagelaran ini merupakan kesempatan kita untuk semakin terkenal di Mancanegara," imbuhnya.

Dia menambahkan, kesenian jaranan dan tarian Kota Kediri harapannya kedepan dapat semakin dikembangkan menjadi lebih menarik dan tidak monoton. Sehingga kesenian ini dapat mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Kediri.

Di acara itu, Kota Kediri yang menjadi perwakilan Provinsi Jawa Timur bakal menampilkan kesenian Jaranan, Reog dan Lawak. Sementara pada puncak acara di panggung indoor TMII, menampilkan Tarian Single SBN, Drama Tari Songgolangit, Tari Gregah, Tari Kediri Sesaji, Tari Garudha Mukha, serta Tari Kolaborasi Jaranan dan Reog.


Sumber : bangsaonline.com