logo.png

Kota Kediri Targetkan Pelajar SMP/MTs Ikut UNBK 2017


DetikNews

Kota Kediri Targetkan Pelajar SMP/MTs Ikut UNBK 2017Foto: Andhika Dwi

Kediri - Pemerintah Kota Kediri menargetkan seluruh SMP dan MTs baik negeri atau swasta, bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2017.

Sistem ini diharapkan lebih meningkatkan integritas 6.000 siswa di Kota Kediri. Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan, dengan adanya bantuan laptop ini ke depan dunia pendidikan di Kota Kediri semakin baik.

"Yang kita tingkatkan untuk saat ini yakni integritas tinggi pada setiap siswa. Saya harap dengan kesiapan UNBK ini bisa menjadikan dunia pendidikan di Kota Kediri semakin baik," jelas wali kota, di aula kantor Dinas Pendidikan Kota Kediri JaKlan Mayor Bismo, Selasa (14/3/2017). 

"Kita targetkan 100 persen SMP dan MTs di Kota Kediri dapat melaksanakan UNBK. Untuk persyaratan saat ini hanya 1 server dengan 30 unit komputer dan sekarang sudah terpenuhi," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar Menengah Dinas Pendidikan Kota Kediri, Cevy NS.

Ia mengaku sejak tahun 2015, Pemkot Kediri sudah mempersiapkan fasilitas untuk UNBK bagi tiap sekolah di jenjang SMP dan MTs. Meski sejauh ini persiapan dilakukan secara bertahap.

"Jauh sebelum pemerintah pusat meminta wajib UNBK, kita sudah persiapkan hal itu," imbuh Cevy. 

Di Kota Kediri fasilitas UNBK seperti sudah terealisasi sebanyak 2.500 laptop yang diberikan ke seluruh lembaga. 

"Dari sekitar 6.000 siswa yang ikut UNBK, yang kekurangan laptop sekitar sepertiga. Untuk menutupi kekurangan itu, sejak tahun 2015 hingga saat ini kita sudah menggelontorkan anggaran total lebih dari Rp 15 miliar untuk pengadaan laptop," jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri, Siswanto. 

Pemberian laptop ini dilakukan secara simbolis di gedung Dinas Pendidikan Kota Kediri, dengan menghadirkan seluruh kepala sekolah SMP dan MTs. Dalam acara itu, wali kota memberikan penghargaan ke siswa peraih juara OSN (Olimpiade Sains Nasional). 


Sumber : detik.com