logo.png

Dishub Mulai Tertibkan Parkir Sembarangan


Dishub Mulai Tertibkan Parkir Sembarangan

Bayu Puji Atmaja Kepala UPTD Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Kediri

Kediri(BM)-Banyaknya parkir kendaraan yang kurang teratur di Kota Kediri menjadi perhatian tersendiri bagi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kediri. Dishub bahkan mulai menggandeng sejumlah juru parkir liar agar perparkiran lebih tertib. Data yang dihimpun, ada sebanyak 217 tenaga jukir yang tersebar di 28 titik Kota Kediri khususnya di jalan protokol. Ada dua model retribusi parkir yang diterapkan yakni parkir berlangganan untuk sepeda motor dari wilayah Kota Kediri maupun parkir non berlangganan untuk kendaraan yang berplat luar Kota Kediri.
 
Kepala UPTD Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Kediri Bayu Puji Atmaja mengatakan, pihaknya terus berbenah untuk kinerja di lapangan. Salah satunya akrab melakukan sidak dilapangan untuk melihat kinerja para juru parkir. Sementara, untuk keberadaan parkir yang dikelola oleh pihak luar selain Dinas Perhubungan akan segera mengevaluasi.
 
“Kami akan mempelajari apakah perlu menjadikan mereka (red:parkir dari pihak luar) jadi tenaga kontrak di Dinas Perhubungan sehingga ada payung hukum bagi mereka yang jelas,”ungkap bapak tiga anak ini. Pria yang akrab disapa Bayu menambahkan kalau tahun 2016 Dinas Perhubungan melebihi target pendapat dari sektor parkir dengan menyetorkan Pendapatan Asli Daerah Rp 3,9 miliar sedangkan target 2017 naik menjadi Rp 4,3 miliar.
 
Seperti diketahui sesuai Peraturan Walikota Nomor 56 tahun 2012 tentang Petunjuk Pelaksanaan Retribusi Parkir di tepi jalan umum, yakni kendaraan luar daerah seperti mobil tarif Rp 1.500 untuk sepeda motor Rp 500 dan untuk truk Rp 3 ribu.

Sumber : beritametro.co.id