logo.png

Penyandang Disabilitas Dilatih Tanggap Bencana


 

 

Realita)- Ratusan penyandang difabel dan relawan bencana dilatih oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri. Tahap awal, melakukan pelatihan antara relawan dengan penyandang difabel dalam melakukan komunikasi terkait penanganan bencana.

Bertempat di ruang Joyoboyo Pemkot Kediri,  pelatihan dibuka oleh Lilik Muhibah  Wakil Wali Kota Kediri, Senin (20/3). Dalam keteranganya, ia mengatakan, pelatihan tanggap bencana bagi kaum difabel ini baru pertama kali ini dilakukan di kota Kediri, untuk Jawa Timur.  " Baru BPBD kota Kediri yang melakukan pelatihan bagi penyandang difabel," ungkap Ning Lik sapaan wakil wali kota Kediri.
Ning Lik, juga menambahkan jika pelatihan ini sangat dibutuhkan bagi penyandang difabel. "Bilamana nanti ada bencana tidak lagi merepotkan relawan dalam menolong," ungkap Ning Lik.  Sementara itu terkait anggaran bencana bagi kota Kediri untuk tahun 2017 ini , sudah ditempatkan di beberapa satker di antaranya, Dinsos , Diknas dan DPKAD.
Terpisah, Kepala BPBD Kota Kediri, Samsul Bachri   mengatakan, jika pihak BPBD kota Kediri tidak hanya melatih kaum difabel saja namun ke depannya juga akan melatih lansia dan juga anak anak dalam mengatasi bencana.  "Bertahap langkah awal kita saat ini penyandang disabilitas dulu dan setelah itu anak anak dan lansia," ungkap Samsul.
Lebih lanjut Syamsul menjelaskan , jika pelatihan ini menjalin komunikasi dulu antara relawan dan penyandang difabel , dan tahap berikutnya akan disimulasikan antara relawan dengan kaum difabel. "Relawan biasanya kan berkomunikasi membantu orang yang sehat dalam menolong bencana dan saat ini relawan kita latih berkomunikasi dengan kaum difabel," ungkap Samsul.


Sumber : realita.co