logo.png

Pemkot Kediri Siapkan Rp 7 M untuk Bangun Taman


Pemkot Kediri Siapkan Rp 6,9 M untuk Bangun Taman

Pemkot Kediri Siapkan Rp 6,9 M untuk Bangun Taman

KEDIRI (Realita)- Pemerintah Kota (Pemkot)  Kediri melalui    Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) bakal membangun taman hutan dengan anggaran mliaran rupiah. Pembangunan taman hutan di Jalan Ahmad Yani, untuk menjadikan kawasan sehat serta membuat kota lebih asri.
Lahan seluas 2,5 hektar ini akan difungsikan menjadi wahana edukasi tanpa mengilangkan fungsi hutan sebagai paru-paru kota dan filter udara. Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 6,9 miliar pada APBD 2017.
Kepala DLHKP Kota Kediri Didik Catur melalui Kepala Bidang Pertamanan Endang Kartika Sari mengungkapkan rencana pembangunan Taman Hutan Kota ini masih dalam proses lelang Detail Engineering Design (DED). "Sesuai jadwal, DED jadi bulan Mei, selanjutnya baru kita lelang fisiknya, dan Juli mulai pembanguan sampai akhir Desember. Jadi kita punya waktu yang cukup longgar untuk pembangunanya," ujarnya, Kamis (23/3).
Dia mengungkapkan, untuk membangun Taman Hutan Kota seluas 2,5 hektar jika sesuai Grand Design diestimasikan menelan biaya kurang lebih Rp 10 miliar. Namun untuk tahun ini Pemerintah Daerah baru menggangarkan Rp 6.9 miliar. Sementara kekurangan tersebut akan kembali diajukan pada tahun 2018.
Untuk diketahui, beberapa taman telah dibangun oleh Pemkot Kediri, dengan Memakai miliaran Rupiah yang diambil dari  APBD 2017, taman tersebut di antaranya Taman Sekartaji, Taman Hutan dan Taman Memorial Park serta taman yang ada di sebelah jembatan lama.


Sumber : realita.co