logo.png

Mas Abu Pimpin Aksi Switch Off di Kota Kediri


 

 
Mas Abu Pimpin Aksi Switch Off di Kota Kediri
 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kediri (beritajatim.com) -- Kota Kediri ambil bagian dalam aksi Kediri Tanpa Emisi dan  Switch Off Earth Hours Kediri 2017, Sabtu (25/3/2017) malam di Memorial Park Kota Kediri. Gerakan switch off atau mematikan lampu mulai pukul 20.30 – 21.30 WIB ini dipimpin langsung Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar.

"Aksi ini dilakukan serentak di 170 kota di seluruh dunia termasuk Kota Kediri. Ini sebagai usaha mengurangi laju pemanasan global akibat emisi karbon dioksida dari mesin pembangkit listrik dan dampak perubahan iklim," ujarnya.

Menurutnya, isu pemanasan global ditandai dengan iklim yang berubah dan suhu bumi yang mulai memanas. Hal itu juga dapat rasakan di Kota Kediri. Penyebabnya tak lain karena emisi gas buang yang mulai meningkat ditiap harinya. Sementara aksi ini kembali dilakukan sebagai simbol kepedulian terhadap kondisi alam yang perlu dijaga. 

Dia mengajak seluruh lapisan masyarakat mulai dari individu, komunitas dan pemerintah untuk menjadi bagian dari perubahan untuk dunia yang berkelanjutan dengan turut serta dalam aksi Switch Off Earth Hour Kediri 2017. 

"Caranya mudah hanya dengan langkah mematikan lampu selama satu jam dan alat elektronik yang tidak terpakai sebagai komitmen hemat energi untuk bumi," jelas walikota berlatar belakang pengusaha ini.

Dengan mengubah gaya hidup manusia, lanjut Mas Abu, sapaan kepala daerah berusia muda ini, seperti beralih menggunakan green transportation yaitu bersepeda atau menggunakan transportasi publik, hemat air, memilah dan mendaur ulang sampah, menanam pohon merupakan cara untuk menunda pemanasan global yang terjadi saat ini.

Terpisah, Nanda, salah satu anggota Earth Hour Kediri mengatakan kegiatan switch off ini sudah dilakukan enam kali.  "Ini keenam kalinya kita melakukan aksi switch off. Aksi ini kita lakukan di minggu terkahir bulan Maret," ucapnya. 


Sumber : beritajatim.com