logo.png

Tingkatkan Perekonomian Kota Kediri Lewat Smart City


 

Sejumlah peserta Seminar dan Dialog pelaku UMKM.

Kota Kediri, Bhirawa
Pentingnya peningkatan perekonomian daerah ditengah era digital mendapat perhatian serius dari Bank Indonesia KC Kediri, selama dua hari BI Kediri menggelar seminar Digital Ekonomi dan Dialog Ekonomi bertajuk “Peran Digital Ekonomi dan” Smart City” dalam mendorong pertumbuhan Ekonomi Daerah.
Diungkapkan Kepala BI Kediri Djoko Raharto seminar dfimaksudkan guna meningkatkan masyarakat akan keterkaitan ekonomi digital dan smart city serta menyiapkan peran masing-masing pihak, akan peluang yang dimanfaatkan dalam pengembangan daerah disamping itu, mempersiapkan dunia usaha dan UMKM
“Semakin banyak lapak jual beli online di Indonesia, sehingga sudah semestinya ini menjadi peluang bagi para pelaku UMKM untuk juga memanfaatkan E commerce” ucap Djoko pada wartawan , Kamis (30/3)
Djoko Raharto, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri mengungkapkan, di tengah kondisi ekonomi global yang diliputi ketidakpastian, perekonomian Indonesia berbasis komunikasi memiliki peranan penting. Pertumbuhan ekonomi sebesar 5,02 persen tahun 2016 lalu didorong oleh tingkat konsumsi masyarakat yang semakin mudah karena adanya sistem e-commerce atau e-dagang.
“Semakin cepatnya perkembangan teknologi informasi memang mengharuskan pelaku UMKM untuk mempelajari aktivitas jual beli melalui e-dagang (e-commerce). Dengan perdaganngan elektronik tersebut, konsumen dapat langsung berhubungan dengan produsen, termasuk UMKM seluruh Indonesia,” jelasnya.
Namun dengan beragam kemudahan yang diberikan oleh ekonomi digital, menurut Djoko, juga memiliki berbagai risiko.  Khususnya di sisi stabilitas keuangan, sistem pembayaran, cyber security, integritas dan keamanan transaksi, serta perlindungan konsumen.
Sedangkan kegiatan itu sendiri dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama yaitu tanggal 29 Maret 2017,Rabu yang berisi tentang pelatihan atau Workshop, dimana pada sesi ini akan diisi oleh sejumlah tokoh diantaranya, Samuel A. Pangerapan (Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo) dan Dini Anindita selaku Staff Pengembangan UMKM TokoPedia dan masih banyak lagi.
Sedangkan untuk sesi ke dua, tanggal 30 Maret 2017, Kamis yang berisi tentang Dialog Ekonomi akan diisi oleh Tjahya Widayanti (Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag), Prof. Suhono Harso Supangkat (inisiator Smart City/Guru Besar ITB) dan masih banyak lagi.
Seminar dan Dialog ini diikuti oleh sejumlah pelaku UMKM, Kepala Diskominfo Se Eks Karasidenan Kediri Dan Madiun.


Sumber : harianbhirawa.co.id