logo.png

CCTV di Kota Kediri Banyak Terhalang Pohon dan Bando Iklan



CCTV di Kota Kediri Banyak Terhalang Pohon dan Bando Iklan

 
foto/ilustrasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kediri (beritajatim.com) - Kamera CCTV Trans Info milik Dinas Perhubungan Kota Kediri banyak yang terhalangi jarak pandangnya. Halangan tersebut berasal dari pohon rindang di tepi jalan dan juga bando iklan yang terpasang.

Terkait masalah ini, Komisi B DPRD Kota Kediri Bidang Perekonomian dan Keuangan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Kantor Dishub setempat, tepatnya di Unit Trans Informasi. Dewan mengecek langsung hasil sorotan CCTV di beberapa titik jalan protokol, baik di jalur Provinsi Jatim, Jalan Nasional maupun jalur kota.

"Pada umumnya sejumlah CCTV bisa menampilkan kondisi arus lalu lintas mulai lengang sampai terjadinya kemacetan. Akan tetapi ada juga sejumlah titik CCTV yang terhalang pohon maupun material bando iklan," kata Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Kediri Subekti, usai sidak kemarin.

Kalangan DPRD berharap masalah tersebut menjadi perhatian serius Dishub. Sehingga ke depan, pantauan CCTV bisa menjadi terlihat jelas tanpa adanya penghlang.

Menyikapi kondisi itu, Kepala Dishub Kota Kediri Verry Djatmiko mengaku akan segera melaksanakan sejumlah rekomendasi yang ditunjukkan kalangan dewan, selaku mitra kerjanya. Sehingga, pada program tahun 2017 ini bisa berjalan lancar.

"Pada tahun ini kami akan menambah jumlah titik CCTV untuk dipasang di jalur padat kendaraan," ungkapnya.

Dengan adanya Trans Info milik Dishub, maka titik titik rawan macet dan kecelakaan kini bisa dikendalikan secara otomatis dari ruang kendali. Diantaranya melalui pengaturan waktu di traffick light. Dishub juga bisa melihat langsung apabila terjadi kecelakaan baik di jalur Nasional maupun lokal.


Sumber : beritajatim.com