logo.png

BI Majukan IKM dengan Menggelar Workshop




 

BI Majukan IKM dengan Menggelar Workshop

Bank Indonesia perwakilan Kediri saat menggelar workshop untuk memajukan IKM untuk berkembang

Kediri(BM)-Sebagai wujud dalam memajukan Industri Kecil dan Menengah (IKM), Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kediri menggelar workshop. Adanya pergeseran pola market tradisional ke sistem digital internet yang terus bekembang. Terutama bagi pelaku IKM.  Mereka sebelumnya, yang berjualan dengan membuka lapak dan transaksi langsung, akhirnya melompat ke dunia maya alias internet, cara memanfaatkan media sosial baik facebook, twetter, instagram, bbm,watsap dan lainnya.
 
Kementrian Komunikasi dan Informatika mencatatat, pergeseran ke digital mencapai sekitar 40 persen dari jumlah total. Hal itu diungkapkan  dalam workshop digital economy yang diselenggarakan kantor perwakilan Bank Indonesia Kediri. Kasi teknologi e business Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia,  Aries Kurniawan mengatakan, kalau dari sisi jumlah masih belum banyak, tetapi kalau dilihat dari omzet sudah cukup luar biasa. Belakangan, untuk market digital masih banyak terpusat di Pulau Jawa dan Sumatera. 
 
“ Hal ini berkaitan dengan tingkat fasilitas internet yang tersedia,untuk jawa 65 persen, Sumatera 17 persen, dan beberapa pulau lain ada sekitar 10 persen maupun dibawahnya,” ujarnya.
 
Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kediri, Djoko Raharto mengatakan, pihaknya berupaya merangsang pertumbuhan industri kecil menengah dengan cara menggelar workshop. 
 
“ Ternyata untuk memperluas pasar tidak memerlukan anggaran yang besar , bahkan nol rupiah, cukup dengan memanfaatkan internet,”katanya.
 
Dalam seminar digital economy ini, BI Kediri mengundang perwakilan dari Kementrian Kominfo Republik Indonesia, Kepala Dinas Koperasi Banyuwangi, pengelola pasar internet dan manager penjual PT. Pos Indonesia perwakilan Jawa Timur

Sumber : beritametro.co.id