logo.png

Wali Kota Kediri Apresiasi Peran Komite Sekolahan


 

 

Realita) -  Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengapresiasi  adanya komite sekolah. Karena komite sekolah sangat berperan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kota Kediri. Hal tersebut disampaikan  saat membuka acara Workhop Peningkatan Fungsi  Komite Sekolah SD/SMP dan Pengelola KB/ SPS/ TPA se Kota Kediri Rabu (29/3) di Lotus Garden Kota Kediri.

Peran masyarakat diatur dalam Kepmendiknas No. 75 Th.2016 Tentang Komite Sekolah. Di mana  Komite Sekolah tertuang dalam pasal 2 memiliki tugas untuk memberikan pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan  kebijakan pendidikan; menggalang dana dan sumber daya pendidikan lainnya dari masyarakat baik perorangan/ organisasi/ dunia usaha/ dunia industri maupun pemangku kepentingan lainnya melalui upaya kreatif dan inovatif; mengawasi pelayanan pendidikan di sekolah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; dan menindaklanjuti keluhan, saran, kritik, dan aspirasi dari peserta didik, orangtua/wali, dan masyarakat serta hasil pengamatan Komite Sekolah atas kinerja sekolah.
Sesuai UU, wali kota yang akrab dipanggil Mas Abu ini, menginginkan misi pendidikan jauh lebih bagus lagi. “Dewan pendidikan harus betul-betul berpikir tentang pendidikan yang sesuai dengan masyarakat Kota Kediri. Karena banyak peminat siswa luar Kota Kediri yang pengen sekolah di Kota Kediri.  Pemkot Kediri saat ini bekerja keras di bidang pendidikan agar pendidikan di Kota Kediri lebih bagus ke depannya. Karena di Kota Kediri tidak punya lahan yang cukup untuk bertani, tempat untuk berindustri lagi, maka yang bisa kita lakukan adalah memfokuskan kota untuk kota pendidikan , kota perdagangan dan kota jasa” ujarnya.
Mas Abu menambahkan mengenai bagaimana mengembangkan dunia pendidikan dengan seluruh stake holder yang Ada di Kota Kediri. ”Saya tegaskan di dunia pendidikan tidak boleh ada jual beli atau tarikan-tarikan. Tapi sumbangan atau sukarela boleh untuk memperbaiki dunia pendidikan,” tegas Mas Abu.
Selain itu Mas Abu kembali menyampaikan tentang  program Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Pendidikan yaitu beasiswa bagi warga tidak mampu. Jadi, apabila ada mahasiswa yang pintar tetapi dalam keadaan tidak mampu dan memiliki IP di atas 3.00, maka Mas Abu menyarankan untuk mengajukan kepada Dinas Pendidikan.
Di akhir sambutannya, Mas Abu menyampaikan harapan untuk anak lulusan sekolah Kota Kediri. “ Kita ke depan pengen output  yang berpendidikan di Kota Kediri nantinya pintar, sholeh dan sholehah. Saya harap jangan sampai anak-anak nanti setelah pintar kemudian lupa dengan orangtuanya. Sekali lagi harus pintar dan keshalehah sosialnya nya muncul,” harapnya.
Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri Siswanto, Dewan Pendidikan Kota Kediri Heri Nurdianto beserta anggota, dan perwakilan dari komite sekolah SD/SMP se Kota Kediri.


Sumber : realita.co