logo.png

Puluhan Anak dan Penyandang Disabilitas Ikut Pelatihan Kebencanaan


DetikNews

Puluhan Anak dan Penyandang Disabilitas Ikut Pelatihan KebencanaanFoto: Andhika Dwi

Kediri - Melatih dan memberikan pengetahuan kebencanaan serta siap siaga menghadapi bencana, puluhan anak TK, mahasiswa dan organisasi penyandang disabilitas mengikuti pelatihan yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di bantaran Sungai Berantas Kota Kediri.

Kendati cuaca cukup panas dan matahari yang terik, peserta pelatihan siaga bencana dan simulasi, yang didominasi anak TK dan Paud ini tetap semangat. Mereka tetap semangat ikut simulasi mulai terjadi gempa bumi, kebakaran dan banjir. 

Mereka diajari cara berlindung dan menyelamatkan diri. Bahkan para peserta juga diajak berkeliling Sungai Berantas menggunakan perahu BPBD. Selain menjelaskan potensi wisata Sungai Berantas, juga pembelajaran sedari dini akan keselamatan menggunakan transportasi air, menggunakan jaket rompi pelampung.
 

Puluhan Anak dan Penyandang Disabilitas Ikut Pelatihan KebencanaanFoto: Andhika Dwi


"Dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana, kami sengaja mengajak dan memberi pengetahuan dan pelatihan kepada anak TK, mahasiswa serta Organisasi Penyandang Cacat agar selalu waspada dan mengerti cara menghadapi bencana," kata Ketua BPBD Kota Kediri, Samsul Bahri, yang langsung memberi arahan dan motivasi kepada peserta pelatihan di bantaran Sungai Berantas, Rabu (26/4/2017).

Hal senada juga diutarakan Dina, seorang orang tua yang ikut hadir menemani anaknya mengikuti pelatihan dan pendidikan simulasi bencana. "Sangat bermanfaat ini mas, tidak seorangpun menginginkan bencana, namun dengan acara ini anak saya dan saya jadi mengerti cara bersikap dan bertindak jika terjadi suatu bencana, baik banjir, gempa bumi, maupun kebakaran," jelasnya sembari mengabadikan moment sang putri sedang naik perahu.

Dari pantauan detikcom, kegiatan ini rangkaian Hari Kesiap Siagaan Bencana dalam Penyebarluasan Informasi Potensi Bencana dan Simulasi Bencana yang digelar BPBD Kota Kediri. 


Sumber : detik.com