logo.png

Wagub Jatim Bicara Pelestarian Warisan Bangsa di Pekan Seni Pelajar


DetikNews

Wagub Jatim Bicara Pelestarian Warisan Bangsa di Pekan Seni PelajarFoto: Andhika Dwi

Kediri - Kota Kediri menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Seni Pelajar (PSP) Provinsi Jawa Timur 2017, bertempat di GOR Jayabaya. Pembukaan PSP Jatim 2017 ini dibuka Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul.

Gus Ipul mengatakan PSP menjadi ajang kreativitas bagi pelajar di Jawa Timur. "Pekan Seni ini menjadi pelengkap bagi segala bidang yang telah diselenggarakan pihak Dinas Pendidikan dan pemerintah Propinsi maupun daerah," kata Gus Ipul, Rabu (26/4/2017).

Dia menjelaskan dengan PSP ini pelajar bisa melakukan berbagai macam kreativitas yang bisa dinikmati semua orang. "Di sini kalian bisa memberikan kreativitas kalian yang terbaik dan melalui Pekan Seni Pelajar ini dapat menjadi ajang melestarikan dan berinovasi untuk menjaga warisan bangsa ini," imbuh Gus Ipul.

Hal senada juga diungkapkan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. Dalam sambutannya wali kota yang akrab disapa Mas Abu ini menuturkan PSP 2017 ini bisa dijadikan panggung untuk pelajar berinovasi melestarikan seni dan budaya. 

"Ini sudah sangat betul sekali. Di sini anak-anak kita dapat berkreasi mengekpresikan dirinya untuk menampilkan suatu karya," tambah Abu.

Di Kota Kediri, lanjut Mas Abu, pemerintah juga telah memberikan beberapa wadah untuk pelajar mengekspresikan seninya.

Mas Abu mengharapkan ke depannya seni dan budaya ini tidak hanya bisa dinikmati masyarakat saja, namun dapat menjadi viral di media sosial. 
"Dengan kemajuan IT seperti saat ini saya yakin anak-anak ini dapat memanfaatkan sosial media untuk memperkenalkan kesenian dan kebudayaan kita," harapnya.

Hadir dalam acara ini Prof Wardiman Djojonegoro, yang merupakan penggerak kesenian Panji serta beberapa kepala daerah di provinsi dan kepala sekolah se-Jawa Timur.

Pekan Seni Pelajar Provinsi Jawa Timur 2017 ini diikuti 38 kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Pelaksanaannya dimulai 26-29 April 2017. Acara dan pagelaran seni berlokasi di sejumlah tempat yang memiliki nilai historis tinggi. Seperti kawasan Goa Selomangleng dan lokasi wisata lainnya.


Sumber : detik.com