logo.png

Traffic Light Kota Kediri Banyak Dilanggar





 

Traffic Light Kota Kediri Banyak Dilanggar

Ilustrasi

Kediri(BM)-Masih banyak pemandangan yang kurang terpuji di Kota Kediri. Yakni banyak nya kendaraan yang melanggar traffic light di Kota Kediri. Pantauan di lapangan, pelanggaran tersebut banyak dilakukan oleh armada bus Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) yang melintasi wilayah Kota Kediri. Ulah sopir bus yang ugal-ugalan di jalan raya ini membahayakan pengguna jalan lain dan masyarakat sekitar.
 
Adanya beberapa bus yang melanggar rambu-rambu lalu-lintas ini diketahui dari kamera CCTV milik TMC Kementerian Perhubungan di Kantor Dinas Perhubungan Kota Kediri. Ada empat Bus Harapan Jaya jurusan Trenggalek – Surabaya atau sebaliknya yang melintasi Kota Kediri terekam menerobos rambu.
 
Dua bus saling salip hingga hampir menyerempet pengendara lain di perempatan menuju Terminal Tipe A Tamanan, Kota Kediri, sementara satu bus nyaris menabrak truk dari arah berlawanan. Bus menerobos lampu traffic light yang menyala merah hanya karena tidak mau disalip oleh bus lainnya.
 
Kepala Terminal Tipe A Tamanan Kota Kediri, Masnun mengaku, terhadap bus yang melanggar lalu lintas tersebut, petugas TMC langsung mencatat nomor lambung dan nomor polisi bus. Selanjutnya bus diberhentikan di terminal dan sopir diberikan teguran sekaligus pembinaan.
 
“Kami juga memanggil perusahaan oto bus untuk dimintai penjelasan. Biasanya,  setelah itu perusahaan memberikan sanksi skor kepada sopir yang ugal-ugalan sebagai bentuk hukuman untuk memberi efek jera karena membahayakan,” kata Masnun di ruangannya.
 
Berdasarkan catatan Terminal Tamanan Kota Kediri, pelanggaran terhadap rambu-rambu lalu lintas oleh bus AKDP ini relatif sering, sebulan bisa mencapai dua hingga tiga armada. Tetapi pihak terminal tidak dapat menjatuhkan sanksi kepada mereka karena berada di jalan raya dan menjadi kewenangan pihak kepolisian.

Sumber : beritametro.news