logo.png

RSUD Gambiran Kini Dilengkapi MRI


RSUD Gambiran Kini Dilengkapi MRI

Peralatan Magnetic Resonance Imaging (MRI) milik RSUD Gambiran digunakan pencitraan diagnose penyakit pasien

Kediri(BM)-Kemajuan tekonologi di bidang kedokteran saat ini memberi kemudahan bagi para praktisi kedokteran untuk mendiagnosa penyakit serta menentukan jenis pengobatan bagi pasien. Salah satu bentuk kemajuan tersebut adalah penggunaan alat Magnettic Resonance Imaging (MRI) untuk melakukan pencitraan diagnosa penyakit pasien.
 
Seksi Humas RSUD Gambiran, Nitrasari, menjelaskan MRI adalah prosedur diagnostik mutakhir untuk memeriksa dan mendeteksi kelainan organ di dalam tubuh dengan menggunakan medan magnet dan gelombang frekuensi radio tanpa radiasi sinar x atau bahan radioaktif.
 
Menurutnya RSUD Gambiran merupakan satu-satunya rumah sakit di wilayah eks-Karisidenan Kediri yang mempunyaifasilitas MRI. MRI yang dimiliki RSUD Gambiran ini merupakan yang paling canggih yaitu MRI 1.5 Tesla. Alat tersebut berkekuatan daya magnetik tinggi yang dapat menghasilkan gambar yang lebih tajam, irisan yang lebih tipis sehingga perbedaan komponen jaringan lunak lebih jelas dan informasi lokasi kelainan lebih tepat. “Ini sebagai bentuk perhatian dan kemajuan rumah sakit miliki Pemerintah Kota Kediri,”ujarnya.
 
MRI tersebut juga dapat digunakan untuk menilai kelainan pada jaringan lunak seperti otak dan sumsum tulang belakang , kepala leher dan tulang belakang, rongga dada dan rongga perut, otot dan tulang.” Yang jelas keunggulan MRI dapat membantu dokter untuk melakukan diagnosa lebih cepat dan lebihh pasti,” ujarnya lebih lanjut. Masih kata Nitrasari untuk waktu pemeriksaan MRI tersebut antara 30 menit hingga 45 menit lebih cepat dibanding dengan MRI tesla rendah yang membutuhkan waktu pemeriksaan antara 60-90 menit

Sumber : beritametro.co.id