logo.png

Dishubkominfo GelarTes Urine Pada Sejumlah Supir Angkutan


Menjelang arus mudik lebaran dan memastikan keselamatan penumpang, Dinas Perhubungan dan Informatika Kota Kediri bekerjasama dengan Kepolisian Resort Kediri Kota dan Badan Narkotika Nasional Kota Kediri melakukan tes urine kepada sejumlah supir bus angkutan lebaran di Terminal Tamanan Kota Kediri, Rabu (29/6).

Giat dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Puluhan petugas gabungan menyisir setiap bus yang masuk ke Terminal Tamanan. Bukan hanya bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Puluhan Bus tampak memadati area parkir terminal. Satu persatu supir bus diminta untuk tes urine. Bukan hanya dilakukan tes urine kepada pengemudi bus. Petugas juga melekukan pengecekan kelaikan kendaraan. Mulai dari kelengkapan surat menyurat hingga kondisi bus, seperti rem, lampu, hingga kondisi roda kendaraan. 

Dari puluhan bus yang diperiksa, ada beberapa bus yang kondisi kaca depannya terlihat pecah. Namun, kondisinya tidak parah, sehingga masih ditoleransi petugas.

Kepala Bidang Manajemen Angkutan Dishubkominfo Kota Kediri Hari Ediyanto mengatakan kegiatan ini merupakan pemeriksaan rutin guna memastikan keselamatan penumpang dan menjelang arus mudik lebaran.

Selain melakukan pengecekan kelaikan kendaraan, pihaknya juga melakukan tes urine yang bekerjasama dengan BNN Kota Kediri. “Dari puluhan supir bus yang dites urine, semuanya dinyatakan negative,” ujarnya.