logo.png

Getuk Pisang


UD. RASA MANIS

Nama Pemilik     : Marsidik

Nama Produk      : Getuk Pisang

Awal Usaha        : Tahun 2000

Alamat               : Jl. Corekan Raya Kediri

Manis dan legitnya getuk pisang kota Kediri sudah dikenal selama bertahun-tahun. Adalah getuk pisang Marsidik, salah satunya. UKM yang dirintis 20 Agustus 2000 lalu ini merupakan usaha turun temurun. Resep yang tradisional dan tanpa menggunakan bahan pengawet menjadi andalannya.

Seperti halnya usaha tradisional lainnya, proses pembuatan getuk dilakukan oleh keluarga. Anak dan istri sekaligus dilibatkan langsung pada seluruh proses yang dimulai pukul 01.00 dini hari. Keluarga sekaligus juga menjadi ujung tombak dalam pemasaran.

Kerja keras Marsidik dimulai saat dia mengenalkan produk getuknya. Menggunakan becak, Marsidik memodifikasi sedemikian rupa hingga bisa ditempati panci besar atau dandang sebagai tempat getuk. Penempatan getuk dalam panci besar bukannya tanpa alasan, hal itu untuk menjaga getuk tetap higienis dan rasanya tak berubah.

Beberapa ruas jalan yang menjadi sentra penjualan oleh-oleh khas Kediri disasarnya. Tetapi, seperti halnya pengusaha baru lain, Marsidik yang memasarkan getuk pisang rasa manis ini banyak mendapat penolakan. Pahit getir tantangan itu tak melemahkannya, tetapi justru menjadi penempa.

Prospek usahanya mulai terlihat ketika ada sebuah outlet yang baru buka dan bersedia menerima getuk buatannya. Dari sana, sedikit demi sedikit getuk pisang buatan Marsidik dikenal dan order dalam jumlah besarpun berdatangan.

Dengan perkembangan usahanya, Marsidik tak hanya mempekerjakan keluarganya saja. Tetapi, kini dia sudah memiliki lima karyawan yang membantu proses pembuatan getuk. Jika awalnya konsentrasi dengan cara tradisional, kini Marsidik mulai melirik cara modern agar bisa memenuhi permintaan yang semakin besar.

Selain proses produksi, Marsidik pemilik merk Getuk Pisang Rasa Manis ini sering kendala untuk mendapatkan bahan baku. Agar bisa mendapatkan pisang terbaik, dia tak mencari di kota Kediri. Melainkan, hingga ke Trenggalek, Blitar, Tulungagung, dan mendapatkan pisang Rojonongko. Daun pisang yang digunakan sebagai bungkus kini mulai langka. Menyiasatinya, Marsidik menjalin banyak koneksi agar pasokan bahan tetap lancar.

Beberapa IKM Getuk Pisang yang lain di antaranya adalah sebagai berikut :

No.

Nama Perusahaan

Nama Pemilik

Alamat

1.

ROJO NONGKO

 

Jl. Cendana IV/1, Kediri

2.

DUA SISIR

Toek Kimiati

Singonegaran 4/09, Kediri

3.

MADU MANIS

S. Christie Ayleen

Kampungdalem I/9A