logo.png

Dinas Koperasi dan UMKM Kota Kediri Gelar Pelatihan Kewirausahaan UMKM


Songsong MEA, Dinkop UMKM Kota Kediri Mendorong Meningkatkan Profesionalisme Pelaku Usaha UMKM

Dinas Koperasi dan UMKM Kota Kediri menggelar pelatihan kewirausahaan UMKM di Kota Kediri tahun 2015 yang digelar pada tanggal 25-29 Mei 2015 bertempat di Klinik Dinkop UMKM. Pelatihan diikuti oleh 40 orang pelaku UMKM dibidang makanan dan minuman. Acara pelatihan ini dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kasenan dan Kepala Dinkop dan UMKM Kota Kediri Kristianto.

 Tujuan dari diselenggarakannya acara ini adalah dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan untuk mengubah mindset UMKM untuk menjadi usaha menengah keatas. Dan upaya memantapkan UMKM dalam MEA 2015. Untuk meningkatkan produk dan daya saing.

Para peserta ini diberikan materi-materi agar menjadi bekal untuk meningkatkan usahanya. Materi-materi dalam pelatihan ini terdiri dari ESQ yang bertujuan untuk mengubah mindset pelaku UMKM. Peserta diberikan ketrampilan packaging untuk meningkatkan penjualan produk. Standarisasi kebersihan makanan untuk meningkatkan kehigienisan dalam produk yang dijual. Sementara standarisasi halal bertujuan untuk memastikan kehalalan makanan dalam kemasan, karena sebagian besar penduduk di Indonesia adalah Muslim. Meningkatkan pengetahuan marketing offline dan online.

Narasumber dalam pelatihan yang digelar selama lima hari ini terdiridari Tim ESQ Ari Ginanjardari Surabaya, UPT Makanan dan Minuman Dinas Perindustrian dan perdagangan Provinsi Jawa Timur, Dinas Kesehatan Kota Kediri, NU,  dan Kamar Dagang dan Industri Kota Kediri.

Dalam sambutan Walikota Kediri yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kasenan, mengatakan, pemerintah tidak akan berhenti samapai disini untuk meningkatkan daya saing UMKM dalam menghadapi MEA 2015. Selain itu Walikota Kediri juga mengajak para pelaku UMKM agar selalu kreatif, inovatif dan selalu mencari terobosan baru menyongsong MEA 2015.

Walikota Kediri juga berpesan agar peserta memanfaatkan pelatihanyang diberikan ini dengan sebaik-baiknya. Menerapkan ilmu yang didapat untuk meningkatkan usahanya.