Kota Kediri Kolaborasikan Cerita Panji Dengan Bahasa Inggris Lewat Fragmen

17 February 2018

Sabtu, 17 Februari 2018 menjadi malam sangat istimewa bagi Kota Kediri. Pasalnya Kota Kediri berkesempatan menjadi undangan untuk menampilkan teater musikal di Pendopo Prangwedanan, Puro Mangkunegaran, Surakarta.

Pada kesempatan ini, salah satu spot English Massive - Dinas Pendidikan Kota Kediri, Tambah Pinter dari Kelurahan Ngronggo bekerja sama dengan Garda Mangkunagaran menampilkan cerita panji asli Kota Kediri dalam sebuah Fragment Ande-Ande Lumut. Penampilan yang sangat luar biasa ini disajikan dalam pagelaran rutin Setuponan yang digelar di Puro Mangkunagaran, Surakarta.

Setuponan, merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap 35 hari sekali untuk memperingati weton (hari kelahiran.red) K.G.P.A.A Mangkunegoro IX, Raja Pura Mangkunegaran,  yang diselenggarakan oleh Akademi Seni Mangkunagaran (ASGA). Kegiatan yang sudah digelar sebanyak 46 kali ini dihadiri oleh Keluarga Puro Mangkunegaran, masyarakat, dan media.

"Alhamdulillah. Sangat bersyukur telah diberikan kesempatan untuk berekspresi dan memperkenalkan English Massive Kota Kediri di tingkat nasional. Semoga dapat memberikan motivasi kepada teman-teman untuk mempelajari Bahasa Inggris dan melestarikan budaya," ungkap Heru Sugiarto, selaku perwakilan partisipan.

Ada yang tidak biasa pada penyajian cerita panji ini. Kisah Ande-Ande Lumut ini dibawakan spesial dengan menggunakan Bahasa Inggris atas bimbingan English Massive Kota Kediri. Jajaran tamu undangan dan pengisi acara pun turut memberikan apresiasi positif terhadap penampilan ini. Tampak mereka memberikan tepuk tangan yang meriah pada tiap adegan yang diperankan para partisipan dewasa.

Jalan Basuki Rahmad No.15, Pocanan, Kota Kediri, Jawa Timur 65146

(0354) 682955

kediri@kedirikota.go.id