UNIK: PAUD di Kota Kediri ini Ajari Siswanya Berkebun

28 August 2018

Mendidik anak Taman Kanak-kanak (TK), selayaknya tidak hanya dilakukan di dalam kelas. Tidak sekedar mengajarkan menghitung, membaca, menyanyi atau bermain bersama. Anak-anak sudah seharusnya diajak untuk lebih mengenal lingkungan dimana mereka tinggal. Bermain sambil belajar dan berkarya.
Mengenalkan berbagai macam jenis tumbuhan yang bermanfaat harus dimulai sejak usia dini. Selain dari buku dan gambar, anak juga sebaiknya diajak dan terjun langsung untuk menanam jenis tumbuhan yang bermanfaat. Seperti yang dilakukan oleh Sekolah PAUD Sejenis Ar-Rahmad Kelurahan Jamsaren Kota Kediri, mereka sangat senang menanam berbagai jenis sayuran di sekolah. 

Mereka belajar menanam dari mulai memasukan bibit ke dalam polybag yang sudahdiisi tanah, memberikan pupuk dan kemudian menyiram setiap hari, hingga akhirnya tumbuh daun yang mulai meninggi yang membuat anak semakin penasaran kapan bawang merahnya segera berbuah.Selain untuk menumbuhkan rasa cinta anak pada tumbuhan, juga mengenalkan berbagai jenis tumbuhan yang bermanfaat, serta melatih motorik siswa.

Indah, salah satu guru pembimbing SPS Ar-Rahmat mengatakan, para siswa mengikuti kegiatan menanam ini bertujuan  membiasakan anak-anak menyukai sayur. “ Selama ini anak-anak kan kebanyakan diberikan makanan instan yang kurang bergizi. Nah salah satu kegiatan di sekolah kami adalah pembiasaan makan sayur dilaksanakan tiap hari. Sedangkan kegiatan menanam, hmemanen hingga kegiatan cooking class sebulan sekali,” terangnya.

Jalan Basuki Rahmad No.15, Pocanan, Kota Kediri, Jawa Timur 65146

(0354) 682955

kediri@kedirikota.go.id