Kota Kediri Siap Raih Kembali Swasti Saba Wistara

25 September 2018

Tembok gang berwarna-warni bergambarkan bahaya dan larangan merokok di kawasan Kelurahan Kampung Dalem membuat gang yang dulunya kumuh menjadi semakin bersih dan enak dipandang. Bukan hanya itu, adanya kesepakatan masyarakat sekitar untuk menerapkan larangan merokok didalam rumah juga menjadi daya tarik tersendiri bagi Tim verifikasi Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan. Tim dari Provinsi Jawa Timur tersebut memberi apresiasi positif terhadap program larangan merokok didalam rumah, pasalnya program ini memiliki dampak yang bagus bagi keluarga dan masyarakat sekitar. “Program ini sangat bagus, ini bisa menjadi contoh bagi kelurahan lain. Jika bisa bukan hanya menciptakan rumah bebas asap rokok, tetapi juga lingkungan yang bebas perokok,” ujar Silvya Candra, salah satu Tim verifikasi Kota Sehat, Selasa (25/9).

Daya tarik didalam verifikasi tahun ini bukan hanya itu saja, adanya PPAH (Pos Pelayanan Agen Hayati) “Zainkent” yang merupakan inovasi baru Kota Kediri juga mampu memukau Tim verifikasi Kota Sehat. Selain itu masih ada beberapa tempat yang dikunjungi, tim tersebut dibagi menjadi 2 kelompok yang disebar di beberapa tempat untuk melakukan penilaian sesuai indikator sebanyak 6 tatanan.

Adapun pembagian kunjungan, Tim 1 mengunjungi SD Negeri 1 Betet, SMP Negeri 1 Kediri, Posbindu Kelurahan Dandangan, Pokja Kelurahan Sehat Kelurahan Dandangan, Sanimas “Sendang Asri”, Apartemen Rakyat, Industri Coklat “Ibuke” CV Frenzy Kelurahan Mojoroto. Sedangkan tim 2 mengunjungi PHBS Kelurahan Kampung Dalem (gerakan Tidak Merokok di Dalam Rumah), Kampung IVA, Kampung Kelir, Uji KIR di terminal Tamanan, manajemen Lalu Lintas (ATCS), Bank Sampah “Sri Wilis” Kelurahan Pojok, PPAH (Pos Pelayanan Agen Hayati) “Zainkent” Kelurahan Pojok dan Forkom Kecamatan Mojoroto.

Tempat-tempat yang dikunjungi Tim Verifikasi Kota Sehat merupakan beberapa persiapan dan perbenahan yang sudah dilakukan oleh Pemkot Kediri. Mulai dari peningkatan kualitas dan pengembangan inovasi yang sudah ada hingga penambahan inovasi baru. Dengan berbagai persiapan tersebut Kota Kediri optimis dapat kembali meraih penghargaan tertinggi Kota Sehat Swasti Saba Wistara untuk ke 4 kalinya. 

Semoga tahun ini Kota Kediri bisa kembali meraih predikat Kota Sehat Swasti Saba Wistara.

Jalan Basuki Rahmad No.15, Pocanan, Kota Kediri, Jawa Timur 65146

(0354) 682955

kediri@kedirikota.go.id