Beberapa Ruas Jalan Diblokade, PPKM di Kota Kediri Masih Berjalan Kondusif

Kediri Dalam Berita | 13/01/2021

Surya

 
surya/didik mashudi
 
Salah satu ruas jalan yang ditutup saat Pemberlakuan Pembatasan Pelaksanaan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk mencegah peularan wabah Covid-19 di Kota Kediri, Selasa (12/1/2021).



 

SURYA.CO.ID, KEDIRI - Beberapa ruas jalan di wilayah perkotaan di Kota Kediri terlihat diblokade atau ditutup oleh Dinas Perhubungan (Dishub) setempat, selama dimulainya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak Senin (11/1/2021).

Sejauh ini, pemblokadean jalan itu tidak memicu gejolak karena memang PPKM ditujukan untuk mencegah adanya kerumunan orang dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19. Penutupan itu dikoordinir antara Dishub, Polres Kediri Kota, Satpol PP dan TNI.

Sesuai instruksi pemerintah dan Surat Edaran Wali Kota Kediri, PPKM akan berlangsung mulai 11 Januari sampai 25 Januari 2021.

Kepala Dishub Kota Kediri, Ferry Jatmiko menjelaskan, tujuan penutupan sejumlah ruas jalan untuk menghindari kerumunan dan memastikan masyarakat masih menerapkan jaga jarak.

Penutupan dimulai pukul 19.00 WIB- 21.00 WIB sesuai situasi dan kondisi di lapangan. Ruas jalan yang ditutup dan dijaga petugas di antaranya sepanjang Jalan Dhoho, Jalan HOS Cokroaminoto, Jalan PB Sudirman dan Simpang 3 Water Tower.

Penutupan ruas jalan ini juga mengingatkan kepada masyarakat bahwa pandemi Covid-19 belum selesai. “Sebelum PPKM dimulai, penutupan sejumlah ruas jalan juga sudah terlebih dahulu dilakukan,” jelas Ferry, Selasa (12/1/2021).

Selain itu, Pemkot Kediri terus mengingatkan masyarakat untuk waspada dan tidak kendor dalam menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan cuci tangan.

Ferry juga mengingatkan masyarakat Kota Kediri untuk menghindari kerumunan dan tetap menjaga jarak.
”Bila tidak benar-benar perlu, sebaiknya tinggal di rumah. Bila terpaksa keluar rumah, tetap mengenakan masker dengan betul dan cuci tangan usai melakukan aktivitas," pesannya.

Selain penutupan ruas jalan, sejumlah tempat perbelanjaan ditutup pukul 19.00 WIB selama PPKM. Pengumuman sudah dipajang di setiap pintu masuk pusat perbelanjaan sebelum PPKM.

Sementara pantauan hari kedua PPKM, sejauh ini relatif tidak ada pelanggaran. Masyarakat dan pusat perbelanjaan tertib melaksanakan aturan. Termasuk mal sudah mulai sepi pengunjung