TPID Kota Kediri Gelar Operasi Pasar Murni di 46 Kelurahan

informasi | 07/05/2019

Dalam upaya pengendalian inflasi, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri selalu mempedomani 4K, yaitu ketersediaan suplai, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi serta komunikasi publik yang efektif. Konsistensi Pemkot dan TPID Kota Kediri dalam penerapan strategi 4K tersebut berbuah manis dengan keberhasilan meraih predikat sebagai TPID terbaik di kawasan Jawa dan Bali tahun 2018 lalu.

 

Pada bulan Ramadhan tahun ini, Dinas Perdagangan dan Perindustrian bersama TPID Kota Kediri kembali menggelar Operasi Pasar Murni (OPM) secara maraton di 46 kelurahan se-Kota Kediri. Kegiatan yang digelar mulai 7 Mei hingga 28 Mei 2019 ini dimaksudkan untuk memastikan ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga-harga bahan kebutuhan pokok selama bulan puasa dan menjelang Lebaran. “Perlu dicatat, pada hari Sabtu tanggal 11, 18 dan 25 Mei, TPID tetap menggelar OPM di tiga titik, yaitu area Bundaran Sekartaji, Taman Makam Pahlawan (TMP) dan Lapangan Gajahmada, Pesantren,” demikian Kepala Disperdagin Hj. Yetty Sisworini.

 

Pada OPM tersebut, Disperdagin bersama TPID Kota Kediri menyediakan beberapa komoditas dengan harga sangat terjangkau. Beras dijual dengan harga Rp 44.000 per 5 kg, gula pasir Rp 10.600 per kg, minyak goreng Rp 8.000 per liter serta telor ayam yang dijual menyesuaikan harga pasar. Pada hari pertama (7/5), OPM digelar di kelurahan Banjarmlati, Manisrenggo dan Bawang. Kemudian pada hari kedua (8/5) akan digelar di Kelurahan Rejomulyo, Ngletih dan area Bundaran Sekartaji yang dilanjutkan di kelurahan-kelurahan lain secara bergilir.

Secara terpisah, pada forum High Level Meeting TPID Kota Kediri di KPw. Bank Indonesia Kediri hari Senin (6/5) kemarin, Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar menyampaikan bahwa tingkat inflasi pada bulan Maret menembus 0,36%. “Salah satu komoditas pangan yang menjadi penyumbang inflasi terbesar adalah bawang putih yang harganya sempat bergejolak,” jelas Walikota muda yang akrab disapa Mas Abu ini. Namun, seiring dengan pelaksanaan operasi pasar secara nasional oleh Kementerian Perdagangan, saat ini harga bawang putih terus menunjukkan tren penurunan dan diharapkan akan segera kembali normal. TPID Kota Kediri telah menyiapkan sederet rencana aksi selama Ramadhan untuk memastikan level inflasi tetap stabil dan terkendali.