Peringati Hari Koperasi, Kota Kediri Gelar Tasyakuran

informasi | 22/07/2019

Dalam rangka memperingati Hari Koperasi, Dinas Dinas Koperasi dan UMTK Kota Kediri menggelar tasyakuran di Hutan Joyoboyo Kota Kediri. Tampak Hadir, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Eni Endarjati didampingi oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMTK Kristianto. Selain itu undangan berasal dari anggota Koperasi di Kota Kediri. 

Kepala Dinas Koperasi dan UMTK Kota Kediri Kristianto saat memberikan sambutan mengatakan, bahwa selaras dengan visi misi Walikota Kediri dalam rangka mensukseskan Gerakan Koperasi, Kota Kediri memiliki sebuah program yakni menciptakan Koperasi di tiap RW dan menumbuhkan 15000 wirausahawan baru.

“Kota Kediri menjadi satu-satunya kota  yang memiliki Koperasi RW. Dan sekarang ini juga banyak sekali warga Kota Kediri bahkan sampai anak-anak mudanya  turut memulai usaha. 

 Selanjutnya, Kristianto mengatakan koperasi adalah salah satu kelembagaan perekonomian rakyat, dimana kedudukan dan perannya dalam membangun ekonomi bangsa mempunyai arti dan makna tersendiri.

Arus globalisasi dan era digitalisasi mewarnai kehidupan industri yang merembet pada perilaku keseharian masyarakat yang kuat dan berkembangnya zaman membuat terjadinya berbagai perubahan di Indonesia, tak terkecuali dengan koperasi.

Mengambil tema Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0, koperasi diharapkan mampu menghadapi tantangan baru du dunia perkoperasian. Tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, namun menyangkut persoalan mindset dan juga perubahan dalam sistem tata kelola. Maka koperasi harus melakukan reformasi total terhadap sistem yang sudah berjalan selama ini.


Reformasi total yang telah dijalankan dalam rentang waktu lima tahun terakhir ini, mendorong koperasi agar mampu beradaptasi dan bertransformasi dalam menghadapi lingkungan yang senantiasa berjalan dinamis. Insan koperasi disiapkan untuk mempunyai  kreativitas dan inovasi untuk menata organisasi dan strategi bisnisnya. Untuk itu, koperasi sudah saatnya memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan platform e-commerce, aplikasi retail on-line dan pengembangan aplikasi-aplikasi bisnis lainnya. Dengan demikian diharapkan gerakan koperasi dapat merangkul generasi millenial, yang saat ini jumlah mereka telah mencapai sepertiga dari totalitas penduduk Indonesia,” ujar Kristianto.

Dalam acara tersebut juga diumumkan Kelompok Koperasi terbaik. Untuk kategori Kelompok Wanita juara 1 diraih oleh Kopwan Kilisuci Mojoroto, menyusul di nomor 2,  Kopwan Syariah Roudotul jannah, Semampir , dan juara 3 kopwan Pispita Kencana Ketami. 

Sementara untuk Lomba Berpacu dalam Koperasi, untuk juara 1 RW 4 Ngronggo, juara 2 RW 5 ngronggo , dan juara 3 RW 3 Sukorame .