Tim Verifikasi Kota Sehat kunjungi SMPN 1 Kediri

informasi | 05/09/2019

Tim Penilai Kota Sehat tingkat nasional dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI disambut dengan yel-yel di SMPN 1 Kediri. Tim penilai merupakan Perwakilan Kementrian Kesehatan RI Abdul Malik Setia Budi, Perwakilan dari Provinsi Jawa Timur ibu Ari, didampingi dari Dinas Kota Kediri yakni Dinas Kesehatan, Dinas PUPR dan DLHK, Rabu (4/9/2019) siang.


Tim penilai bersama rombongan mengawali tinjauannya di sekolah ini.Sekolah ini  dipilih karena menjadi pelopor Sekolah Sehat di kota ini. Selain itu, dipilihnya SMPN 1 Kediri  juga karena latar belakangnya sebagai Sekolah Adiwiyata. Disana, Verifikasi berkeliling untuk melihat sarana prasarana yang ada mulai dari UKS, Kantin Sekolah, dan ruangan-ruangan yang lain. 
Yang menarik, di sekolah ini siswa-siswi juga diajarkan pendidikan reproduksi serta pendidikan narkotika. Saat peninjauan, mereka menunjukan bagaimana sekolah ini mengajarkan pendidikan reproduksi dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami. Mereka belajar dengan permainan ular tangga. Setelah mereka melempar dadu dan ketika pionnya berhenti di salah satu tema materi, wajib menjawab soal yang berkaitan dengan pembelajaran reproduksi.  Selanjutnya,  di titik kedua tim yang lain mempraktekan pendidikan narkotika. 


Sekolah ini juga memiliki bank sampah, yakni pemilahan sampah-sampah yang terbuat dari plastik, kertas, kaca, dan sampah organic. Sampah plastik mereka gunakan sebagai kerajinan tangan sehingga memiliki nilai estetika, sementara sampah organic mereka manfaatkan sebagai gas metana. 
Kepala Sekolah SMPN 1 Kediri Marsudi Nugroho mengatakan, tidak ada persiapan apa-apa ketika sekolah yang ia pimpin ini menjadi salah satui destinasi Tim Lomba Kota Sehat. “ Memang keadaan sehari-hari kegiatan di smpn 1 Kediri seperti, jadi tidak ada persiapan khusus apapun,” ujarnya. 
Marsudi berharap dengan keadaan dan kegiatan SMPN 1 Kediri ini  bisa menambah nilai plus dan membantu Kota Kediri menambah point lomba sehingga Kota Kediri bisa mendapatkan anugerah Kota Sehat lagi. 


Selain SMPN 1, Tim juga mengunjungi beberapa lokasi di Kota Kediri diantaranya, SDN Betet 1, Kelurahan Ketami, sanitasi di KElurahan Dandangan, Kampung Jamu Kelurahan Setono Pande, Bank Smpah Sri Wilis Kelurahan Pojok, Poswindu Kelurahan Tinalan, dan lain sebagainya.