Napak Tilas Kediri Bajulan, Salah Satu Cara Menanamkan Patriotisme Bagi Generasi Muda

informasi | 16/11/2019

Napak Tilas Jejak Pahlawan rute gerilya perjuangan Jenderal Soedirman ke 38 tahun 2019 ini diberangkatkan oleh Kepala Disbudparpora Kota Kediri Nur Muhyar. 

Rute napak tilas ini mengambil start di Taman Makam Pahlawan Kota Kediri Jalan PK Bangsa menuju Desa Bajulan, Kabupaten Nganjuk dengan jarak 37 KM,  pada hari Sabtu (16/11).

Sebanyak 1900 peserta mengikuti napak tilas dari berbagai kalangan, seperti warga, pelajar, santri, mahasiswa, atlet hingga anggota TNI ikut memeriahkan acara ini. 

Dalam sambutannya Nur Muhyar mengatakan napak tilas merupakan cara untuk menanamkan rasa patriotisme bagi generasi muda dan mewujudkan kader patriot bangsa. Sehingga generasi muda bisa meneladani para pendiri bangsa serta tidak lupa sejarah perjuangan bangsa Indonesia tercinta. 

"Ini merupakan momentum yang sangat penting untuk dikenang khususnya bagi generasi muda sebagai bukti perjalanan sejarah yang telah dilakukan oleh para pahlawan pendiri bangsa yang tidak bisa dilupakan. Generasi muda juga harus bisa menumbuhkan jiwa yang handal untuk menghadapi tantangan ke depan," ujarnya.

Terakhir, Kepala Disbudparpora Kota Kediri Nur Muhyar juga berpesan kepada peserta napak tilas agar tetap menjaga sportivitas, tertib di jalan dan selamat berlomba semoga sampai di finish dengan selamat.

Perlu diketahui, kegiatan napak tilas ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Pemerintah Kota Kediri. Kegiatan ini selalu diikuti pemuda yang tidak hanya datang dari Kota Kediri, tapi juga daerah lain. Dalam napak tilas ini terdapat kategori perorangan dan beregu, ada beregu putra, beregu putri dan campuran. Selain itu bagi peserta beregu diharuskan membawa tandu ala Panglima Besar Jendral Soedirman dengan ukuran proporsional dan memakai kostum kepahlawanan. Juri untuk kegiatan ini dari guru olahraga se Kota Kediri dan Persatuan Altet Seluruh Indonesia (PASI).

Prosesi pemberangkatan peserta napak ini dihadiri oleh Wakapolres Kediri Kota Kompol Iwan Sebastian, Perwakilan Brigif Mekanis 16/Wira Yudha, Ketua KONI Kota Kediri Maria Karangora, Ketua LVRI Kota Kediri FJ Lasijo, perwakilan Kodim 0809 dan pengadilan negeri Kota Kediri.

Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kota Kediri

Tidak ada artikel terkait