Budayakan makan ikan, Kampanye Gemarikan digelar di Ponpes Al Ishlah Kota Kediri

informasi | 11/02/2020

Kota Kediri (11/02)- Kampanye gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) diselenggarakan Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. Berdasarkan data, tingkat konsumsi ikan di Kota Kediri dianggap masih rendah dibandingkan angka konsumsi di daerah pesisir. Hal ini tentu wajar mengingat bahwa Kota Kediri bukan merupakan daerah yang dekat dengan laut. 

Kampanye Gemarikan yang memiliki slogan “ayo makan ikan agar sehat, kuat, dan cerdas”, diikuti sekitar 300 santri pondok pesantren Al Ishlah kota kediri. Kegiatan ini digelar sebagai upaya untuk menumbuhkan pentingnya kesadaran diri untuk mengkonsumsi ikan. “Konsumsi ikan di Kota Kediri terus meningkat sekitar 28,3 Kg pertahun, lebih meningkat dari tahun sebelumnya” ungkap sekretaris Forikan Kota Kediri Asri Ardanyati saat memberikan sambutan.

Pencapaian ini tentu bukan merupakan hal yang instan, melainkan berkat kegigihan tim Dinas Pertanian dan Pangan Kota Kediri dalam mengupayakan masyarakat supaya sadar akan pentingnya mengkonsumsi ikan. Hal ini kemudian menjadi perhatian khusus pemerintah provinsi Jawa Timur dalam untuk kembali menyelenggarakan kampanye GEMARIKAN setelah fakum selama 2 tahun. Dengan diadakannya kampanye gemarikan diharapkan masyarakat mulai membiasakan mengkonsumsi makanan yang berprotein seperti ikan, supaya lebih cerdas dan kuat seperti slogannya.

Lebih lanjut Duta GEMARIKAN Provinsi Jawa Timur yang juga turut hadir dalam kampanye GEMARIKAN ini memberikan edukasi bahwa ikan memiliki segudang manfaat. Manfaat mengkonsumsi ikan, salah satunya bisa mencegah penurunan fungsi otak. Fungsi otak bisa saja menurun seiring dengan bertambanya usia, seseorang yang mengkonsumsi banyak ikan laut bisa mengalami penurunan fungsi otak lebih lambat. Selain itu bagi orang yang sedang program diet ikan bisa menjadi salah satu menu andalan untuk mendukung usaha mengurangi berat badan.

Dalam acara ini, turut hadir pula tim penggerak PKK yang membantu kampanye melalui anjang sana, menyampaikan pentingnya mengkonsumsi makan ikan. Selain itu penggerak PKK juga menyampaikan beberapa manfaat dan memberikan refenrensi menu makanan yang akan disajikan di keluarga. “Untuk meningkatkan kesadaran mengkonsumsi ikan di masyarakat harus dimulai dari keluarga terlebih dahulu”, ungkap Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Kediri Eni Indarjati.

Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat memperhatikan makanan yang dikonsumsi dengan memilih makanan yang tinggi protein dan tinggi vitamin supaya keluarga lebih sehat seperti mengkonsumsi ikan. (mr)