Sambut Hari Koperasi, Pemkot Kediri Gelar Lomba dan Webinar

informasi | 08/07/2020

Hari Koperasi yang ke-73 akan diperringati sebentar lagi, tepatnya pada tanggal 12 Juli besok. Meski ditengah pandemi, sejumlah kegiatan peringatan Koperasi akan tetap diselenggarakan. Namun, akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, gelaran kegiatan peringatan hari Koperasi ini akan diselenggarakan secara daring alias online.

“Hal ini kami lakukan sebagai upaya untuk meminimalisir kontak langsung sesuai dengan yang dianjurkan oleh protokol kesehatan” ungkap Ferry Hermawan, Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi, Dinas Koperasi dan UMTK Kota Kediri, saat diwawancarai secara daring, Rabu (8/7)

Kendati demikian, tidak menyurutkan semangat panitia penyelenggara untuk membersembahkan kegiatan ini, semaksimal mungkin. “Metodenya saja yang berubah, namun esensi dan semangat hari Koperasi ini harus tetap dirayakan sebaik mungkin” imbuh Ferry, semangat.

Benar saja, sejumlah kegiatan telah disusun dan dijadwalkan dengan baik. Tercatat ada dua jenis kegiatan yang akan diselenggarakan secara daring untuk merayakan hari Koperasi yang ke-73 ini. Kegiatan-kegiatan tersebut terdiri dari perlombaan dan seminar.

Ada total tiga jenis lomba yang akan diselenggarakan dan ketiganya dapat diikuti oleh masyarakat umum, asalkan mereka merupakan anggota dari salah satu Koperasi di Kota Kediri. 

“Ada tiga lomba yang bisa diikuti, pertama lomba cerdas cermat cinta koperasi, lomba membuat yel-yel koperasi, dan lomba paduan suara mars koperasi, dimana kami telah sediakan hadiah jutaan rupiah bagi para pemenang satu, dua dan tiga” terang Ferry.

Disamping itu, kegiatan penyuluhan juga tak luput dalam peringatan hari Koperasi yang ke-73 ini. Sejumlah materi sosialisasi telah disiapkan, diantaranya webinar pendidikan perkoperasian, webinar mengenang hari Koperasi 12 Juli, webinar sambung rasa penghayatan dan pengamalan nilai serta prinsip koperasi .

Tidak berhenti disitu, agenda khusus berupa orasi daring dari Walikota Kediri juga akan dilaksanakan. “Orasi ini bertujuan untuk menggugah masyarakat Kota Kediri untuk mencintai koperasi sebagai badan usaha bersama yang diamanatkan konstitusi dan mempertahankan Kota Kediri sebagai Kota Koperasi” terang Ferry, lebih lanjut.

Ferry berharap, semoga dengan sejumlah kegiatan untuk merayakan hari Koperasi yang ke-73 ini dapat semakin menumbuhkan minat masyarakat Kota Kediri untuk berkoperasi. Ia percaya melalui koperasi, kesejahteraan masyarakat Kota Kediri dapat meningkat sesuai dengan tujuan terbetuknya koperasi berdasarkan UU Pasal 3 yang mengatur terkait koperasi. (Dinas Koperasi dan Informatika)