Ning Lik dan Bunda Fey Hadiri Seminar Parenting

28 November 2017

Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam membangun karakter. Komunikasi sering menjadi sumber dari permasalahan yang terjadi.

Hal itulah yang diungkapkan, Wakil Walikota Kediri Lilik Muhibbah saat membuka Seminar Parenting bertema "Komunikasi yang Efektif antara Orang Tua dan Anak", Selasa (28/11), di Cendrawasih Hall Insumo Palace. Narasumber dalamnya seminar kali ini diisi oleh Elly Risman, P,Si yang merupakan psikolog dan ahli parenting.

Wakil Walikota yang akrab disapa Ning Lik ini menuturkan dengan adanya seminar ini diharapkan para orang tua dapat mendidik anak-anak dengan baik melalui komunikasi yang efektif. "Komunikasi yang dibangun dalam keluarga haruslah kuat. Saya harapkan setelah pulang dari seminar ini akan terbangun komunikasi untuk membangun keluarga yang baik," ujarnya.

Ning Lik juga berpesan agar dalam setiap keluarga memiliki waktu bersama hanya untuk sekedar sharing untuk membangun komunikasi yang baik.

Dalam kesempatan yang sama Ketua TP.PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar mengungkapkan bila tema seminar kali sengaja dipilih karena komunikasi menjadi hal penting dalam mendidik anak. "Semoga dengan seminar ini pola mendidik anak bisa diubah. Semoga anak Kota Kediri menjadi anak yang tumbuh dengan karakter dan moral yang baik," ungkapnya.

Dalam materi seminar kali ini, Elly Risman menjelaskan hal-hal yang menjadi komunikasi orang tua dan anak tidak berjalan efektif. Ada sepuluh komunikasi yang salah yang sering dilakukan orang tua kepada anak yakni ngomong tergesa-gesa, tidak mengenali diri sendiri, lupa bahwa setiap anak memiliki keunikan berbeda, tidak dapat membedakan kebutuhan dan kemauan, tidak dapat membaca bahasa tubuh, tidak mendengarkan perasaan, tidak memiliki waktu mendengar aktif, berkomunikasi dengan mengkritik dan menyalahkan, selalu menyampaikan pesan untuk kamu serta yang terakhir tidak memisahkan masalah. "Kita sering melalukan sepuluh hal itu saat mendidik anak. Kita sering lupakan sehingga ini menjadi kesalahpahaman yang terabaikan antara orang dan anak," jelasnya.

Elly Risman yang juga merupakan Direktur pada Yayasan Kita dan Buah Hati ini mengajak kita semua untuk memperbaiki pola komunikasi dalam mendidik anak. Komunikasi itu terdiri dari 55% bahasa tubuh, 38% nada suara dan 7% kata-kata. "Jadi kita harus dapat mengenali bahasa tubuh putra-putri kita untuk lebih mengerti apa yang mereka butuhkan," ungkapnya.

Dalam seminar ini, Elly Risman juga mengajak peserta seminar untuk bermain game yang bertujuan untuk mengenali diri sendiri.

Seminar ini diikuti oleh perwakilan PKK di setiap kelurahan dan kecamatan serta perwakilan organisasi wanita.

Jalan Basuki Rahmad No.15, Pocanan, Kota Kediri, Jawa Timur 65146

(0354) 682955

kediri@kedirikota.go.id