Mas Abu Berangkatkan Karnaval Tosaren, Cakarsi dan Tirtoudan

09 September 2018

Karnaval pembangunan kelurahan Tosaren Kota Kediri kembali digelar, Minggu siang (9/9/18). Seperti tahun sebelumnya, karnaval pembangunan ini ditujukan untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73 dan kali ini di ikuti sekitar 5000 peserta dari tiga lingkungan yakni Tosaren, Cakarsi dan Tirtoudan. 

Meski terik matahari panas menyengat, para peserta tetap antusias menampilkan ragam jenis kreasi dan memamerkan kreatifitas RT masing-masing. Mulai dari anak-anak hingga orang tua, dari pasukan drumband, peserta dengan berbagai pakaian adat, pakaian wayang, jaranan, mobil hias, peserta dari kelompok wanita hingga tani dan tari-tarian tumpah ruah turut menyemarakan karnaval.

Dalam karnaval pembangunan ini Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar berkesempatan hadir dan memberangkatkan karnaval, pada pukul 14.15 WIB. Dalam sambutannya, Mas Abu sapaan akrab orang nomor satu di Kota Kediri ini menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Kelurahan Tosaren. “Terimakasih kepada seluruh masyarakat Kota Kediri yang telah sukses membangun Tosaren, baik di RT-RT maupun di mana saja. Ini adalah pawai pembangunan, dan akan jauh lebih baik apabila budaya seperti ini kita lestarikan bersama-sama,”tutur Mas Abu.

Lebih lanjut Walikota muda 38 tahun ini menyampaikan apresiasi atas partisipasi warga Kelurahan Tosaren yang sangat kompak. “Ini adalah partisipasi warga yang paling baik sekali, seratus persen luar biasa. Saya lihat, seluruh warga sudah keluar rumah semuanya membaur menjadi satu. Inilah persatuan dan kesatuan yang paling baik,”ujarnya. 

Di akhir sambutannya, Mas Abu berpesan kepada para orang tua agar menjaga anak-anaknya terhindar dari hal-hal yang negatif dan menumbuhkan rasa nasionalisme. “Buat mereka kreatif, bikinkan mereka panggung, bikinkan mereka kegiatan supaya mereka kedepan jauh lebih baik daripada kita semua,”harapnya.

Karnaval yang start-finishnya berada di perempatan jln. Sumber Bulus Kelurahan Tosaren ini turut dihadiri oleh Forpimka Kecamatan Pesantren, Lurah Tosaren Akhmad Kuzaini, tokoh agama dan tokoh masyarakat Kelurahan Tosaren.

Jalan Basuki Rahmad No.15, Pocanan, Kota Kediri, Jawa Timur 65146

(0354) 682955

kediri@kedirikota.go.id