logo.png

Atlet Gobak Sodor Kediri Lolos ke Nasional


ANTARA News Jawa Timur

Selasa, 20 Oktober 2015 20:27 WIB
Atlet Gobak Sodor Kediri Lolos ke Nasional
Sejumlah atlet olahraga hadang atau gobak sodor latihan di GOR Kota Kediri, Jawa Timur, Selasa (20/10). Para atlet dari Kota Kediri ini mewakili Jatim bertanding dalam kegiatan invitasi olahraga tradisional tingkat nasional IV tahun 2015 pada 23-26 Oktober 2015 di Makassar. Antara Jatim/Foto/Asmaul Chusna ()
 
 Kegiatan lomba itu diselenggarakan pada 23-26 Oktober 2015 di Makassar. Mereka akan berangkat Rabu (21/10) dan akan dibimbing pelatih dari provinsi
 
Kediri (Antara Jatim) - Atlet gobak sodor atau olahraga hadang asal Kota Kediri, Jawa Timur, berhasil lolos pertandingan tingkat provinsi, dan saat ini bersiap mengikuti pertandingan tingkat nasional.
 
Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Kediri Nur Muhyar, Selasa mengemukakan mereka akan mewakili Jatim dalam lomba invitasi olahraga tradisional tingkat nasional IV tahun 2015. Sebelumnya, mereka menang setelah mengalahkan atlet asal Sidoarjo di Blitar.
 
"Kegiatan lomba itu  diselenggarakan pada 23-26 Oktober 2015 di Makassar. Mereka akan berangkat Rabu (21/10) dan akan dibimbing pelatih dari provinsi," katanya.
 
Ia mengatakan, sebelum berangkat pertandingan, seluruh atlet melakukan latihan secara maraton, sekitar satu bulan. Mereka juga dilatih oleh pelatih khusus yang didatangkan oleh dinas.
 
Ia berharap, dalam ajang nasional, olahraga ini bisa membawa nama baik Kediri dan Jawa Timur. Ia pun selalu berpesan, agar para atlet menjaga kesehatannya.
 
Sementara itu, pelatih olahraga hadang Andriano mengatakandalam kesempatan itu ada enam atlet yang ikut, satu di antaranya cadangan. Mereka dilatih agar lincah dalam pertandingan.
 
"Yang dilatih kelincahan, kecepatan, daya tahan, dan strategi pertandingan. Mereka juga telah berjuang keras, jika tahun-tahun sebelumnya hanya mendapatkan juara dua ataupun tiga, tahun 2014 akhirnya lolos di provinsi, dan mewakili Jatim ke ajang nasional," jelasnya.
 
Pertandingan gobak sodor merupakan olahraga tradisional, dengan lima pemain utama. Setiap kali pertandingan diberi waktu 2x15 menit.
 
Sementara itu, Dewi Nadhiroh mengatakan ia dengan teman-temannya latihan setiap hari, sejak pagi sampai siang. Pola latihan itu diatur, guna menjaga stamina mereka.
 
"Kami setiap hari latihan mulai dari pagi sampai siang. Intensif latihannya satu bulan ini," kata Dewi Nadhiroh, salah seorang pemain.
 
Ia berharap, dalam pertandingan nantinya bisa berjalan lancar, dan bisa membawa nama Jatim dan Kota Kediri unggul di tingkat nasional. (*)

Editor: Tunggul Susilo


Sumber : antarajatim.com