logo.png

Wali Kota Kediri Himbau Supermarket Beri Diskon Harga Sembako ke Masyarakat Ini Alasannya


Surya Malang

Wali Kota Kediri Himbau Supermarket Beri Diskon Harga Sembako ke Masyarakat, Ini Alasannya
 
SURYAMALANG.COM/Didik Mashudi
 
Masyarakat antre membeli komoditas sembako pada Operasi pasar yang digelar di Pasar Bandar, Kota Kediri. 

SURYAMALANG.COM, KEDIRU - Wali Kota Kediri bakal mengeluarkan surat edaran walikota yang ditujukan kepada pengelola hypermart, supermarket dan minimarkert untuk memberikan diskon harga sembako.

"Secepatnya suratnya kami keluarkan supaya hypermart, supermarker dan minimarket memberikan diskon hargasembako," ungkap Abdullah Abu Bakar, Wali Kota Kediri kepada wartawan, Minggu (5/6/2016).

Langkah himbauan melalui surat edaran itu untuk memberikan diskon khusus harga sembako diharapkan dapat mengendalikan harga sembako. Karena menjelang Ramadan harga sembakocenderung mengalami kenaikan.

Rencananya surat edaran ini berlaku bagi seluruh hypermart, supermarket dan minimarket yang ada di Kota Kediri. Petugas bakal mengawasi tindaklanjut dari surat edaran tersebut.

Sementara Pemkot Kediri bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) bakal menggelar operasi pasar mandiri untuk menekan laju inflasi. Sasaran barang yang dijual komoditi sembako dan telur.

Komoditas yang masuk daftar operasi pasar di antaranya beras harga pasar Rp 47.500 per 5 kg dijual Rp Rp 45.000 disubsidi Pemkot Kediri Rp 2.500. Sedangkan telur ayam ras dijual Rp 18.000 per kg.
Kemudian gula pasir harga di pasar Rp 12.000 per kg dijual Rp 11.000 per kg mendapat subsidi Rp 1.000 per kg. Selain itu minyak goreng harga pasar Rp 21.000 dijual Rp 19.000 per kantong mendapat subsidi Rp 2.000.

Diharapkan operasi pasar yang digelar secara bergiliran mulai 8 Juni 2016 di 46 kelurahan di Kota Kediri harga sembako yang mulai melonjak kembali normal.

"Digelarnya operasi pasar diharapkan harga sembako di KotaKediri tetap stabil. TPID Kota Kediri optimis harga komoditas bahan pokok selama Ramadan akan tetap terjaga stabilitasnya," jelasnya.


Sumber : suryamalang.tribunnews.com