logo.png

Menteri PPA Lantik Satgas PPA di Kota Kediri


Menteri PPA Lantik Satgas PPA di Kota Kediri

Menteri PPA Yohana Yembise didampingi Walikota Kediri Abdulah Abu Bakar berjabat tangan dengan sejumlah lurah

KEDIRI (BM) - Untuk kali kedua, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA), Yohana Yembise mendatangi Kota Kediri. Kali ini, kedatangan Yohana untuk melantik Satgas PPA yang baru pertama kali dibentuk di wilayah tingkat II.
 
“Saya bangga dengan kota ini, terlebih Walikota Kediri Mas Abu yang cepat melakukan langkah dalam mengantisipasi kasus kekerasan pada perempuan dan anak,” puji Menteri Yohana.
 
Yohana juga menjelaskan dengan pembentukan Satgas PPA di Kota Kediri, diharapkan mampu dijadikan acuan daerah lain di Indonesia. Menurutnya keberadaan perempuan dan anak merupakan sumber daya potensial dalam pembangunan.
 
“Kekuatan keduanya berperan dalam mengisi pembangunan di berbagai bidang, sekaligus dapat mengantarkan Indonesia menjadi salah satu bangsa yang besar, kuat dan mandiri,” ujar Menteri PPA tersebut.
 
Yohana juga menyayangkan kalau kondisi sebagian perempuan dan anak masih mengalami tindakan kekerasan, pelecehan hingga korban perdagangan. Bahkan menurutnya perempuan juga kerap dirugikan dalam masalah keperdataan.
 
Hingga menyebabkan mereka tidak memperoleh hak yang sama. Seperti kasus perebutan harta dan hak waris, hak pengasuhan anak, perceraian, tuntutan ganti rugi dan kasus ketenagakerjaan.
 
“Ada dua hal yang saya laporkan ke Presiden Jokowi, atas kasus kekerasan seksual perempuan dan perdagangan anak, kemudian atas seizin presiden, kami melantik Satgas PPA Kota Kediri, dengan harapan mampu dijadikan acuan bagi daerah lain,” bebernya.
 
Sementara, Walikota Kediri Abdullah Abu bakar mengaku kalau di Kota Kediri kini telah terbentuk Satuan Tugas Gerakan Masyarakat Anti Kekerasan Seksual Pada Anak (Satgas GM AKSA). Yang mana beranggotakan para relawan di tiap–tiap kelurahan didukung tenaga pendidik, kesehatan, unsur TNI dan polri.
 
Walikota menegaskan dengan dibentuknya Satgas GM AKSA itu diharapkan mampu bekerjasama dengan Satgas PPA demi menjaga masa depan anak dan kaum perempuan. 
 
“Kami sampaikan terima kasih ke Ibu Menteri dengan ditunjuknya Kota Kediri sebagai kota pertama di Indonesia sebagai percontohan keberadaan Satgas PPA,” pungkas Mas Abu. 

Sumber : beritametro.co.id