logo.png

1.000 Pelajar dan Mahasiswa Hijaukan Hutan Klotok Kediri


DetikNews

1.000 Pelajar dan Mahasiswa Hijaukan Hutan Klotok KediriPelajar dan mahasiswa melakukan penghijauan dalam rangka hari bumi (Foto: Andhika Saputra)

Kediri - Sekitar 1.000 pelajar dan mahasiswa Kota Kediri melakukan penghijauan dengan menanam 2.000 bibit pohon di Kelurahan Pojok, Kota Kediri, tepatnya di kawasan Hutan Klotok. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Bumi.

Tujuan kegiatan ini adalah agar kondisi kawasan hutan Klotok tetap terjaga dan tetap menjadi sumber penghasil oksigen dan sumber air Kota Kediri.

"Sebagai pengingat dalam hari bumi ini kita juga harus tetap menjaga kondisi kawasan hutan karena manusia sangat membutuhkan kawasan hutan," ucap Reza Darmawan, Ketua KNPI Kota Kediri, Sabtu, (23/4/2017).

KNPI mengajak seluruh kaum muda, utamanya pelajar untuk terus dan tetap menjaga hutan. Mahmudi, selaku salah satu warga masyarakat yang tinggal di area Hutan Klotok, mengaku, kondisi hutan Klotok saat ini sedang dalam kondisi baik dan tidak kritis, namun kadang yang dibutuhkan adalah cara menjaga hutan dan kondisinya. 

"Klotok ini aman dan hijau, namun warga banyak yang sering buang sampah dan seenaknya saat berkunjung," ucap Mahmudi.

Kegiatan penghijauan ini juga dihadiri oleh Kepala Perhutani Kediri Maman Rusmantika dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan Didik Catur. 

Panitia mengajak seluruh peserta untuk ikut menjaga hutan dengan berbagai cara, diantaranya tidak menembak burung dan tidak melakukan pembalakan liar. Hendaklah hutan dijaga yang salah satunya menanami hutan yang gundul dengan bibit tanaman

Ada sebanyak 2.000 bibit tanaman yang ditanam. Diantaranya jenis tanaman hutan dan juga tanaman buah seperti klengkeng 


Sumber : detik.com