logo.png

Wawali Kediri Minta Semua Umat Jaga Kerukunan Bersama


ANTARA News Jawa Timur

 Wawali Kediri Minta Semua Umat Jaga Kerukunan Bersama (Video)
Sejumlah peserta membawa beragam perlengkapan dalam acara kirab ritual HUT Makco Thian Sang Sing Bo serta memeringati berdirinya Kelenteng Yayasan Tri Darma Tjoe Hwie Kiong ke-200 di Kediri, Jawa Timur, Minggu (23/4). (foto Asmaul Chusna)
 
 Kediri ini dapat kehormatan dengan adanya kirab dan ini positif untuk kerukunan kita bersama demi NKRI
 
Kediri (Antara Jatim) - Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah meminta semua umat menjaga kerukunan demi menjaga NKRI tetap utuh dan bersatu.
     
"Kediri ini dapat kehormatan dengan adanya kirab dan ini positif untuk kerukunan kita bersama demi NKRI," katanya dalam acara kirab ritual HUT Makco Thian Sang Sing Bo serta memeringati berdirinya Kelenteng Yayasan Tri Darma Tjoe Hwie Kiong ke-200 di Kediri, Jawa Timur, Minggu.
     
Ia mengatakan, kirab yang diselenggarakan warga Tionghoa tersebut tentunya ada harapan tersendiri, dimana di kegiatan semuanya bisa bersatu.
     
"Banyak motivasi, inovasi, semuanya ada. Dan ini pengharapan, demi kebersamaan kita menjaga NKRI tetap satu dan insya Allah seperti itu," harapnya.
     
Sementara itu, koordinator kegiatan kirab ritual Prayitno mengatakan acara ini diikuti banyak peserta, termasuk dari beberapa kota lain dari Pulau Jawa, Palembang, hingga Lombok. 
 
Selain membawa berbagai macam patung dewa dewi, juga terdapat beragam atribut untuk ritual.
     
"Kami ada beberapa kota peserta. Mereka keliling kota. Ada kirab ritual dan kirab itu memang berdasarkan permohonan dan ini diselenggarakan di Kediri," katanya.
     
Ia juga mengatakan, kegiatan itu dilakukan sebagai upaya menjalin kebersamaan antaretnis, antargolongan, bahu-membahu untuk bersatu.
     
"Ini supaya situasi aman terkendali dan kembali dalam keadaan guyub rukun, serta gotong royong," kata Prayitno.
     
Selain ada yang membawa beragam perlengkapan untuk ritual, misalnya patung, dupa, juga ada atraksi liong serta barongsai. Mereka juga unjuk kebolehan di hadapan muspida Kota Kediri.
     
Beberapa kelompok masyarakat lainnya juga ikut meramaikan acara itu, misalnya kelompok penari dari muslim, serta beragam kesenian tradisional lainnya. 
     
Dalam acara itu, sejumlah muspida juga ikut menyaksikan atraksi tersebut. 
 
Selain Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah juga Sekda Kota Kediri Budwi Sunu, Dandim 0809 Kediri Letkol Arm Joko Setyo Kurniawan, Kapolres Kediri Kota AKBP Anthon Haryadi dan sejumlah tamu undangan lainnya.
     
Ratusan warga antusias menyaksikan acara itu. Rombongan mulai berangkat dari Kelenteng Yayasan Tri Darma Tjoe Hwie Kiong, Jalan Yos Sudarso, Kediri, konvoi ke beberapa jalan protokol di Kota Kediri, termasuk di depan Balai Kota Kediri. 
Link Videonya : https://www.youtube.com/watch?v=OKsoilN26M8

Sumber : antarajatim.com