logo.png

Wiranto Minta Pemda Terus Tingkatkan Kinerja Melalui e-Government


logo

 

 

Menko Polhukam Wiranto. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Liputan6.com, Sidoarjo - Menko Polhukam Wiranto mengapresiasi pemerintah daerah yang telah menerapkan sitem e-government. Sistem yang berbasis teknologi informasi itu dinilainya akan semakin memajukan pelayanan publik di Indonesia.

"Semoga ke depannya bisa terus dikembangkan," ujar Wiranto di Sidoarjo, Selasa (25/4/2017).

Jika sistem ini berkembang, lanjut dia, Tim Saber Pungli sudah tidak dilanjutkan lagi. Karena pelayanan e-government berbasis tekonologi akan menimanilir tindakan-tindakan yang menyimpang.

"Pelayanan yang menggunakan sistem canggih akan mengurangi intensitas kontak langsung antara publik dengan pemerintah (pelayan masyarakat). Bisa jadi sudah tidak berlaku lagi Saber Pungli," ucap Wiranto.

Dia mengungkapkan, Presiden Jokowi telah memintanya untuk mewakili dalam kegiatan tersebut. Dalam kesempatan ini, Wiranto memberikan tanda kehormatan Parasamya Purnakarya Nugraha dan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha kepada Pemerintah Daerah yang memiliki kinerja terbaik dalam pengelolaan, pengembangan dan Pelayanan terhadap masyarakat.

"(Perayaan hari) Otonomi Daerah kali ini memang sangat tepat. Bagaimana kita terus memacu meningkatkan kinerja melalui e-Government. Dan kami sangat mengapresiasi atas prestasi tersebut," kata Wiranto.

Untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerah, kata dia, selain mengandalkan Investasi Daerah dan APBD, Pemerintah Daerah juga harus melibatkan investasi swasta. Dalam melibatkan investasi swasta, pemerintah harus mengefektifkan perizinan melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

"Baik, pengembangan infrastruktur, ekonomi, dan stabilitas pembangunan daerah," kata Wiranto.

Dia menilai, kedudukan gubernur di masing-masing provinsi sangat memiliki peran penting dalam proses pengembangan, pembangunan maupun kesejahteraan masyarakat di masing-masing daerahnya.

"Presiden meminta agar gubernur terus melakukan koordinasi efektif baik kepada pusat maupun daerah. Sinergitas yang seperti ini bisa menjadi wujud keberhasilan atas pembangunan di wilayahnya masing-masing," ujar Wiranto.

Lima Kabupaten yang mendapatkan penganugerahan berkinerja baik di antaranya Kabupaten Bulukumba (Sulawesi Selatan), Kabupaten Malang (Jatim), Kabupaten Boyolali (Jateng), Kabupaten Sidenreng Rappang (Sulsel), Kabupaten Kulon Progo (DIY).

Sedangkan kota nominasi kinerja terbaik secara nasional di antaranya, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kota Pare-Pare, Kota Kediri.


Sumber : liputan6.com