logo.png

PHBS Kelurahan Bawang Wakili Kota Kediri di Tingkat Nasional


Kediri, Koranmemo.com – Kelurahan Bawang Kecamatan Pesantren Kota Kediri menjadi wakil Kota Kediri dalam lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tingkat nasional. Hal ini dikarenakan Kelurahan Bawang Kecamatan Pesantren Kota Kediri menjadi pelaksana terbaik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
Tim penilai lapangandari tingkat nasional dari Kementrian Kesehatan dan tim penggerak PKK pusat datang dan melakukan seremonial di gedung Kelurahan b
Bawang Kecamatan Pesantren Kota Kediri.
Kelurahan Bawang Kecamatan Pesantren sendiri terpilih dari 6 kota dan kabupaten di Indonesia yang menjadi nominator PHBS. Kelurahan Bawang Kecamatan Pesantren Kota Kediri sendiri menjadi nominator PHBS karena di lingkungan tersebut setiap memasuki harus bebas asap rokok.
Warga sendiri jika ingin merokok telah disediakan tempat di pos kampling dan di sekitar pos kampling juga disediakan tanaman penghijauan.bahkan di lingkungan Kelurahan Bawang Kecamatan Pesantren Kota Kediri juga dibentuk polisi rokok yang bertugas untuk mengawasi para perokok di dalam rumah maupun lingkungan pendidikan di wilayah Kelurahan Bawang Kecamatan Pesantren Kota Kediri.
Menurut Rin Yuniantari tim penggerak PKK pusat,
tim penilai lapang nasional yang datang juga melakukan survei ke lapangan seperti di sekolah dan lingkungan warga serta melihat tempat untuk para perokok di lingkungan kelurahan bawang yakni di setiap pos kamling. Survei yang dilakukan kepada tim penilai lapang yaitu melakukan pengecekan rumah-rumah warga di lingkungan Kelurahan Bawang yang bebas asap rokok.
Kedepannya diharapkan kelurahan-kelurahan yang ada di kota Kediri bisa menjadi nominator lomba kesatuan gerak PKK-kB-Kesehatan tingkat nasional.

Sumber : koranmemo.com