logo.png

Jelang Ramadhan-Lebaran BI Kediri Siapkan Uang Rp6 Triliun


  • Jelang Ramadhan-Lebaran,  BI Kediri Siapkan Uang Rp6,3 Triliun
 

KBRN, Madiun : Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kediri menyiapkan uang pecahan sekitar Rp6,3 Triliun untuk kebutuhan penukaran uang menjelang Ramadhan-Lebaran 2017. Uang pecahan yang disiapkan BI Kediri tahun ini meningkat sekitar 20 persen dibanding tahun lalu yang hanya Rp5,2 Triliun.

Kepala Tim Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan Keuangan Inklusif Bank Indonesia Perwakilan Kediri, Beny Wicaksono mengatakan kenaikan ini salah satunya dikarenakan peningkatan pendapatan masyarakat yang cukup tinggi.

BI Kediri, kata Beny, sedang melakukan sejumlah persiapan menjelang Ramadhan-Lebaran. Persiapan tersebut diantaranya melakukan koordinasi dan komunikasi dengan jalur-jalur pendistribusian uang, terutama perbankan. Puluhan perbankan yang berada di eks Karesidenan Kediri dan Madiun diminta membuat proyeksi kebutuhan uang.

“Distribusinya kita juga akan bicara dengan perbankan, mereka kita harapkan melayani masyarakat dalam hal penukaran uang tidak hanya nasabahnya dia,” ungkap Beny, Kamis (27/4/2017).

Ia menegaskan, untuk mengoptimalkan kebutuhan masyarakat terhadap uang pecahan baru,  BI mempersiapkan pelayanan sistem pembayaran tunai dan non tunai yang optimal. Dengan demikian diharapkan BI dapat melayani kebutuhan masyarakat selama Ramadhan hingga Lebaran.

Lebih lanjut Beny menyatakan, mengacu tahun lalu, dari 13 kota/kabupaten di Jawa Timur yang menjadi cakupan kerja BI Perwakilan Kediri, Kota Madiun dan Kediri  diklaim paling banyak membutuhkan pecahan uang baru, dibanding 11 daerah lainnya di eks karesidenan Kediri dan Madiun. BI akan menyiapkan uang pecahan mulai Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, dan Rp20.000. 


Sumber : rri.co.id