logo.png

Penerima Raskin Kota Kediri Meningkat


Penerima Raskin Kota Kediri Meningkat

Triyono Kutut Kadinsos

Kediri(BM)-Dinas Sosial Kota Kediri menegaskan jumlah warga penerima raskin di Kota Kediri, pada 2017 naik dari semula hanya sekitar 12 ribu warga menjadi sekitar 15 ribu warga."Total penerima ada sekitar 15 ribu. Kalau dari pusat hanya sekitar 12 ribu, sedangkan sisanya itu dibantu dari Kota Kediri," kata Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Triyono Kutut Purwanto di Kediri, kemarin.
 
Dikatakan, pemerintah daerah memang mempunyai kebijakan untuk membantu warga miskin yang belum terdata di pusat. Warga miskin nantinya dibantu dengan dana bantuan dari APBD Kota Kediri. Pihaknya menyebut, warga yang mendapatkan program raskin akan mendapatkan kartu elektronik "E-Voucher". Pada kartu itu diberikan saldo sebesar Rp110 ribu yang bisa dimanfaatkn untuk membeli bahan pokok.
 
Bagi warga yang tidak masuk dalam data pemerintah pusat, Triyono mengatakan mereka akan mendapatkan alokasi yang sama. Namun, tahap awal masih mendapatkan bantuan langsung, bukan memanfaatkan E-Voucher.
 
"Maunya pak Wali Kota juga non tunai untuk yang tidak masuk di pusat, jadi mereka juga terima e-voucher, tapi ini masih dibahas lagi," katanya.
 
Dikatakan, saat ini pemerintah sedang menyiapkan rencana untuk pemberian kartu tersebut. Sesuai dengan informasi dari pusat, rencananya dana untuk warga tersebut segera cair. Selanjutnya, dana itu akan diberikan pada warga sesuai dengan identitas yang dimiliki.Untuk pemberian, pihaknya mengatakan rencananya akan dilakukan di kantor kecamatan, namun secara teknis mendetail hal tersebut masih dikoordinasikan dengan seluruh instansi yang terkait.

Sumber : beritametro.co.id