logo.png

Wali Kota Kediri Jadikan Kota Kediri Kampung IT Pertama di Indonesia


  • Wali Kota Kediri Jadikan Kota Kediri Kampung IT Pertama di Indonesia
 

KBRN, Kediri : Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar menjadikan Kota Kediri sebagai Kampung Informasi Teknologi (IT) pertama di Indonesia seiring diresmikannya wadah untuk peningkatan kompetensi sejumlah ahli IT di kota tersebut, Senin (13/11/2017).

"Saya senang sekali dan sangat mendukung dengan adanya program atau kampung  IT ini," kata Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, saat membuka acara Launching Kampung IT Kota Kediri dan Workshop Java Programming, di Kampus 1 Poli Teknik Kediri, Jawa Timur, Senin (13/11/2017).

Dalam kesempatan ini, dia menyampaikan,  bahwa program seperti ini baru ada satu di Indonesia yaitu Kota Kediri. Harapannya semoga program ini akan terus berlanjut pada masa mendatang.

"Bahkan tentunya bisa semakin meningkatkan kompetensi para programmer khususnya di Kota Kediri," ujarnya.

Apalagi, tambah dia, saat ini sejumlah masyarakat di kota ini sudah menggunakan teknologi IT, yakni berupa layanan berbasis online. Seperti Suara Warga Kota Kediri (Surga), tentang administrasi kependudukan, perizinan online, PBB online, dan lainnya.

"Harapan saya dengan adanya program IT ini setidaknya pelayanan kepada masyarakat yang berbasis IT dapat termudahkan," katanya.

Selain itu, saran dia, kepada para peserta workhsop untuk membagikan ilmunya kepada teman-teman lainnya dan nantinya bisa menjadi tutor.

"Terlebih harga tanah semakin mahal, dan Kota Kediri tidak memiliki tanah yang cukup luas. Maka dari itu yang bisa kita lakukan yaitu dengan meninggikan Industri Teknologinya," imbuhnya.

Dia melanjutkan, workshop ini diikuti oleh 24 peserta yang merupakan dosen dari sejumlah kampus yang ada di Kota Kediri. Pelatihan ini diadakan 2 sesi, untuk sesi pertama tanggal 13-17 November 2017.

"Kemudian, sesi kedua  diadakan pada tanggal 20-25 November 2017 di Kampus UNP Kediri," katanya.

Pada kesempatan ini, juga dilaksanakan penandatangan MoU antara Poltek Kediri dan Wirasoft. Berikutnya pada pelatihan ini, materi yang diberikan lebih mengarah kepada IT Enterprice. 


Sumber : rri.co.id