logo.png

JELANG PILWALI DAN PILWAWALI 2018 KPUD Kota Kediri Gelar Bimtek


 

KEDIRI (Realita)-  Jumat (15/12/2017), Komisi Pemilihan Umun Daerah (KPUD) Kota Kediri melaksanakan Bimtek pemutakhiran data pemilih dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kediri di Ballroom Grand Panglima Resto.

KOMISI PEMILIHAN UMUN DAERAH (KPUD) KOTA KEDIRI MELAKSANAKAN BIMTEK PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH DALAM PEMILIHAN WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA KEDIRI DI BALLROOM GRAND PANGLIMA RESTO, JUMAT (15/12/2017).
 

Acara ini dihadiri oleh Komisioner KPU Kota Kediri serta sekretariat dan jajaran dan Bahri Ali Samsul selakub Kasi Pindah Datang Dispendukcapil, serta PPK dan PPS seluruh Kota Kediri.

Ketua KPU Kota Kediri,  Agus Rofiq, dalam sambutanya mengatakan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada tamu undangan yang hadir. Harapanya, dari sini, semua pihak bisa belajar bersama tentang pemutakhiran data pemilih
"Kami tidak akan menggurui hadirin, tapi belajar bersama tentang pemutakhiran data," tutur Agus Rofik
Ketua KPU Kota Kediri, yang sudah tiga periode menjabat ini juga mengatakan, beberapa hal perlu dibenahi dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).
"Banyak hal yg harus kita dibenahi, agar DPT Kita menjadi hal yg bisa membanggakan di depan publik. Karena sampai sekarang masih menjadi cemoohan. Masih banyak PR yang harus kita benahi. Ibaratnya, ini seperti penyakit, sudah diobati namun balik lagi" pungkasnya
Di tempat yang sama, Bahri Ali Samsul, menyampaikan, bahwa KTP elektronik adalah sebagai identitas tunggal. "Dasar hukum KTP UU Nomor 23 Th 2006 berubah menjadi UU 24 Tahun 2013," ujar Bahri.
Menurutnya, pemerintah memberikan identitas dengan tujuan menyediakan data dan informasi kependudukan secara nasional,guna mewujudkan data yang valid dan akurat. Dari sini, diperlukan penegasan untuk warga yang belum memiliki.
"Banyak warga masyarakat yang belum melakukan perekaman, belum lagi ditambah yang mau berusia 17 tahun.Maka itu, kami melakukan jemput bola ke SLTA di seluruh Kota Kediri. Dan, untuk perekaman orang yg sakit kami dari disependuk capil langsung mendatangi secara door to door," tutupnya.
Terpisah, Anis Iva Permatasari, Komisioner KPU Kota Kediri Divisi Perencanaan dan Data (Renda) juga menyampaikan materi tentang pemutakhiran data pemilih
"Sumber kita itu dari Kemendagri yang Kemendagri memperoleh data dari Dispendukcapil daerah. Lalu Kemendagri menyerahkan data tersebut ke KPU RI," jelas Anis.
Dia juga menyampaikan syarat pemilih harus sudah berumur 17 tahun.  "Syarat pemilih masih seperti di PKPU, yang harus berumur 17 tahun atau sudah pernah menikah dan terdaftar di DPT," pungkasnya.


Sumber : realita.co