logo.png

Jelang Puasa Permintaan Gas Elpiji di Kota Kediri Meningkat 50 Persen


 
 
Jelang Puasa, Permintaan Gas Elpiji di Kota Kediri Meningkat 50 Persen
 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kediri (beritajatim.com) - Mendekati puasa ramadhan, permintaan gas elpiji di Kota Kediri meningkat hingga 50 persen. Ini diketahui dari hasil inspeksi mendadak Tim Gabungan dari Polresta Kediri, Disperindag dan Hiswanamigas setempat.

Setibanya di agen penjualan gas elpiji Jalan Sultan Agung, Kota Kediri, petugas gabungan langsung memeriksa stok elpiji di gudang. 
Ternyata sebagian besar tabung elpiji ukuran tiga kilogram kosong, karena pasokan harian belum datang. Kondisi serupa terjadi di agen elpiji Jalan PK Bangsa Kota Kediri.

Dari hasil sidak diketahui telah terjadi peningkatan permintaan gas elpiji tabung melon hingga 50 persen untuk keperluan konsumsi selama beberapa hari terakhir. 

Namun PT Pertamina langsung menambah pasokan diatas kebutuhan harian, sebagaimana permintaan Himpunan Pengusaha Minyak dan Gas (Hiswanamigas) Kediri.

"Hiswanamigas ajukan pertambahan dan direspon Pertamina untuk hindari kelangkaan. Memasuki bulan puasa dan hadapi Idul Fitri ada kenaikan permintaan 50 persen," kata Iswahyudi Ibrahim, dari Hiswanamigas Kediri, Senin (14/5/2018).

Petugas berusaha mencegah terjadinya kelangkaan dengan memberlakukan sistem larangan menjual ke luar daerah bagi seluruh agen, pangkalan maupun pengecer. 
Mengingat beberapa daerah sekitar seperti tulungagung dan Trenggalek kini mulai mengalami kelangkaan.

"Kita kemarin koordinasi dengan Hiswanamigas agar agen dan pangkalan serta pengecer agar tidak menjual elpiji ke luar," tandas Dian Ariani, Kabid Perdagangan Disperindag Kota Kediri.

Untuk di ketahui, jatah masing-masing agen di kota kediri kurang lebih 200 tabung setiap hari. Quota ini kemudian didistribusikan ke pangkalan dan diambil pengecer untuk disalurkan kepada masyarakat. 

Apabila ke depan terjadi peningkatan permintaan kembali, tim gabungan akan meminta dropping tambahan ke PT Pertamina.


Sumber : beritajatim.com