logo.png

Tumbuhkan Perekonomian Pemkot Kediri Perluas Jangkauan Prodamas Plus


  • Tumbuhkan Perekonomian,  Pemkot Kediri Perluas Jangkauan Prodamas Plus
 
 

KBRN, Kediri : Untuk menumbuhkan perekonomian daerah, Pemerintah Kota Kediri memperluas jangkauan Program Pemberdayaan Masyarakat (Prodamas) Plus.

"Guna menindaklanjuti hal ini, kami menggelar Rapat Pembahasan Draf Perwali Program Pemberdayaan Masyarakat atau dikenal Prodamas Plus," kata Plt Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Kediri, Edi Darmasto, saat memimpin rapat Draf Perwali Prodamas Plus, di Kota Kediri, Rabu (28/11/2018).

Menurut dia, pada agenda ini ikut hadir pula seluruh pejabat dan staf Barenlitbang selaku Anggota Tim Verifikator Usulan Prodamas Plus. Sementara, pembahasan rapat ini lebih menitikberatkan pada pengusulan dan kriteria usulan Prodamas Plus.

"Adapun Draf Prodamas Plus meliputi 13 bab, 44 pasal, dan 31 lampiran. Semua aspek ini, mengatur perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pelaporan, pertanggung-jawaban, pembinaan, dan monitoring Prodamas Plus," ujarnya.

Lantaran, ulas dia, pada saat ini, Prodamas Plus mengalami perluasan peruntukan. Yang mana, sebelumnya hanya mencakup 3 bidang, antara lain infrastruktur, ekonomi, dan sosial. Namun, sekarang berkembang menjadi 6 bidang, di antaranya Bidang Infrastruktur, Bidang Ekonomi, dan Bidang Sosial Budaya.

"Ada pula Bidang Pendidikan, Bidang Kesehatan, dan Bidang Kepemudaan," katanya.

Edi menambahkan, secara umum Prodamas Plus diarahkan untuk mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Kota Kediri. Di antaranya meliputi, meningkatnya Pertumbuhan Ekonomi serta meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

"Bahkan juga termasuk, menurunnya Tingkat Kemiskinan dan meningkatnya Indeks Kota Layak Huni," katanya.

Dia berharap, dengan adanya sinergitas yang baik antara pemerintah dan masyarakat, maka pelaksanaan Prodamas Plus, semakin berkualitas, dan memberikan manfaat bagi kesejahteraan warga Kota Kediri.


Sumber : rri.co.id